DIY Masih Berpotensi Hujan Deras dan Gelombang Tinggi, Dipicu Siklon Tropis Ilsa

Kamis, 13 April 2023 - 10:25 WIB
loading...
DIY Masih Berpotensi Hujan Deras dan Gelombang Tinggi, Dipicu Siklon Tropis Ilsa
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperingatkan potensi hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah DIY, Kamis (13/4/2023) ini. Foto ilsutrasi
A A A
YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) DIY memperingatkan potensi hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah DIY, Kamis (13/4/2023) ini. Cuaca ekstrem tersebut dipicu Siklon Tropis Ilsa.

BMKG mengimbau warga agar tetap waspada dengan potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara.

"Sementara masyarakat pesisir diminta waspada peningkatan gelombang laut tinggi di Perairan Yogyakarta dalam satu pekan ke depan. Ini sebagai dampak tidak langsung terjadinya siklon tropis ‘ILSA’ di Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat," tulis BMKG.

Untuk kondisi cuaca di pagi hari diprediksi Berawan. Sementara untuk siang-sore hari ada potensi hujan sedang-lebat di Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara.

Cuaca pada malam hari berpotensi hujan ringan di Kulon Progo bagian Selatan, Bantul bagian Selatan, dan Gunungkidul bagian Selatan. Dan Jumat (14/4/2023) Dini hari hanya berawan.

Sepanjang hari Kamis, suhu udara berkisar 21-31 °C, dengan kelembaban udara antara 68-97%. Angin bertiup dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan maksimum 23 km/jam. Tinggi gelombang di Perairan Yogyakarta berkisar antara 2.5-4.0 m atau kategori tinggi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2837 seconds (0.1#10.140)