Masjid Diharapkan Jadi Tempat Pengembangan Masyarakat Ekonomi Syariah

Kamis, 13 April 2023 - 08:07 WIB
loading...
Masjid Diharapkan Jadi Tempat Pengembangan Masyarakat Ekonomi Syariah
Ketua Umum Yayasan Masjid Al Mukarromah, Ramdansyah (tengah peci merah), dalam dialog kewirausahaan Pekan Ramadan, di Koja, Jakarta Utara, Rabu 12 April 2023. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Adanya masjid diharapkan menjadi tempat pengembangan masyarakat ekonomi syariah. Mengingat potensi masjid punya banyak sisi untuk bisa dikembangkan sebagai pemberdayaan umat.

Pandangan ini disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Masjid Al Mukarromah, Ramdansyah, dalam dialog kewirausahaan Pekan Ramadan, di Koja, Jakarta Utara, Rabu 12 April 2023.

"Potensi Masjid sebagai tempat pemberdayaan ekonomi umat belum maksimal selama ini dilakukan oleh seluruh stakeholder. Untuk itu, diperlukan model bisnis yang mendorong jemaah untuk terlibat secara langsung di dalamnya," kata Ramdansyah dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Mantan Ketua Panwaslu Jakarta ini menyebutkan, sejumlah strategi yang bisa dilakukan yakni pengembangan akses modal bagi para pedagang kecil. Menurutnya, akses modal ini menjadikan para jemaah mesjid sebagai rantai ekonomi khususnya dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

"Dari pedagang, konsumen, pemilik usaha, itu terintegerasi yakni jemaah masjid," ucapnya.

Menurutnya, adanya pemahaman yang menilai masjid tidak tepat untuk dijadikan pusat aktifitas ekonomi perlu didobrak. Kata dia, masjid harus dipandang sebagai tempat strategis untuk pembangunan dan pemberdayaan umat, salah satunya dalam sektor ekonomi.

Oleh karena itu, Ramdansyah mengungkapkan, sedari dulu pihaknya selalu memberikan kesempatan kepada kalangan perorangan hingga lembaga, untuk memanfaatkan masjid dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

"Tapi kegiatan ekonomi masjid kami bisa optimal jika didukung perusahan BUMN yang ada. Terlebih Menteri BUMN saat ini, Erick Thohir adalah Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), jadi kita berharap Pelindo dan Pertamina yang berada di sekitar masjid kami turut berperan aktif," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir mendorong masjid-masjid di Tanah Air bisa menjadi tempat pergerakan ekonomi syariah.

Hal ini disampaikan Erick Thohir dalam silaturahmi dengan ICMI bersamaan dengan pelaksanaan Khazanah Fest di Masjid At Thohir, Tapos, Depok pada Selasa, 11 April 2023.

"Mari memperlihatkan pada seluruh umat dan masyarakat Indonesia bahwa masjid itu sejuk. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, silaturahmi, tapi juga kita mendorong untuk kerja sama dengan dunia usaha, mendorong ekonomi syariah," kata Erick.

Erick berharap, dunia usaha semakin banyak yang berkolaborasi dengan masjid untuk memberi manfaat besar bagi umat. Untuk itu, Erick mengatakan, Masjid At Thohir berkolaborasi dengan ICMI meluncurkan platform amalbox serta mendorong ekonomi masyarakat melalui Khazanah Fest.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)