Isi Ramadan, Warga Serdang Bedagai Pelatihan Tata Cara Salat Tasbih

Rabu, 12 April 2023 - 15:02 WIB
loading...
Isi Ramadan, Warga Serdang Bedagai Pelatihan Tata Cara Salat Tasbih
Usbat Ganjar Sumut menggelar pelatihan tata cara Salat Tabih di Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERDANG BEGADAI - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar pelatihan tata cara salat sunah tasbih di Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan ini digelar untuk mengisi Ramadan dengan sesuatu yang bermanfaat.

Korda Usbat Kabupaten Serdang Bedagai Bima Wardani Damanik menjelaskan, salat tasbih merupakan salat sunah empat rakaat yang berisi bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya. Dengan keseluruhan rakaat, maka bacaan tasbih di tiap salat ini mencapai 300 kali.

"Salat tasbih ini salah satu sunah yang sangat dianjurkan. Minimal seorang muslim itu, harus pernah melakukannya sekali dalam hidup," kata Bima dalam siaran persnya, Rabu (12/4/2023).

Bima melanjutkan salat tasbih ini dapat dikerjakan satu kali dalam sehari semalam, sekali seminggu, sekali sebulan, atau sekali seumur hidup jika tidak sempat. "Pembimbing dalam pelaksanaan salat tasbih ini adalah ustaz-ustaz yang dihadirkan Usbat Ganjar Sumut," lanjutnya.

Mulai dari bacaan niat, tasbih, hingga teknis pelaksanaan salah tasbih dipraktikkan langsung oleh ustaz. Lewat pelatihan ini, Usbat Ganjar Sumut berharap masyarakat bisa menerapkannya, sekaligus membagikan ilmu yang mereka dapat ke kerabat lainnya.

Bima menambahkan relawan Usbat Ganjar Sumut akan terus menggelar kegiatan bermanfaat lain pada Ramadan untuk masyarakat. Salah satunya istigasah dan doa bersama untuk kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Mereka juga menyerahkan bantuan pengeras suara dan puluhan mushaf Al-Qur’an kepada pihak majelis taklim setempat. Pengeras suara dan mushaf tersebut akan digunakan untuk kemaslahatan umat bersama.

Pemberian bantuan dan pelatihan merupakan kegiatan rutin yang telah beberapa kali dilakukan Usbat Ganjar Sumut. Berbagai daerah di Sumut telah merasakan sentuhan bantuan para sukarelawan tersebut.

Tuti Saidy, salah satu peserta mengapresiasi pelatihan salat tasbih ini. "Kami sangat senang sekali karena manfaatnya banyak. Jadi lebih tahu, ngerti, dan pelajaran buat kami," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3278 seconds (0.1#10.140)