Tinjau Tol Paspro, Khofifah: Insyaallah Mulai 16 April Siap Digunakan

Selasa, 11 April 2023 - 07:23 WIB
loading...
Tinjau Tol Paspro, Khofifah: Insyaallah Mulai 16 April Siap Digunakan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di ruas tol Probolinggo Timur tepatnya di exit tol Gending pada Senin (10/4/2023). Foto SINDOnews
A A A
PROBOLINGGO - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di ruas tol Probolinggo Timur tepatnya di exit tol Gending pada Senin (10/4/2023). Khofifah menyampaikan bahwa tol tersebut mulai digunakan pada 16 April ini.

"Insyaallah mulai tanggal 16 April sudah akan difungsikan sampai dengan 30 April dengan format bahwa tetap ada pintu ini (gerbang tol) tetap di-tap kartu tol nya dengan posisi bahwa ini nol tarif sampai dengan Probolinggo Timur, jadi nol tarif sampai Probolinggo Timur," jelas Khofiah, Senin (10/4/2023).



Kesiapan Tol Paspro ini, lanjut dia, sangat penting sebagai langkah antisipasi lonjakan pemudik pada lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini. Khofifah mengatakan, prediksi pemudik yang akan menuju Jawa Timur tahun ini mencapai 21,3 juta orang.

Prediksi ini meningkat dari semula diperkirakan 18,1 juta orang pemudik. Sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama pemudik.

"Berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang, ini artinya bahwa proses untuk bisa melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu tentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi," kata Khofifah.

Tol Paspro memiliki total panjang 43,75 kilometer (km) terdiri 4 seksi. Yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km.

Khofifah menjelaskan, ruas tol Probolinggo Timur sejauh 12,5 km ini rencananya akan difungsikan pada mudik lebaran tahun ini. Harapannya tol Paspro ini akan dapat mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri.

Khofifah mengatakan bahwa ada beberapa hal yang masih perlu diselesaikan sebelum Tol Paspro seksi Probolinggo Timur - Gending mulai difungsikan. Seperti marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas yang belum selesai tuntas 100%.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar semua pihak bersinergi dalam memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan selama mudik lebaran. Termasuk bagi pengguna jalan agar dapat menggunakan jalan dengan tertib berlalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3585 seconds (0.1#10.140)