Jelang Mudik Lebaran 2023, Instansi Terkait Harus Antisipasi Lonjakan Penumpang

Senin, 10 April 2023 - 07:33 WIB
loading...
Jelang Mudik Lebaran 2023, Instansi Terkait Harus Antisipasi Lonjakan Penumpang
Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman mengingatkan kepada Dinas Perhubungan untuk dapat mempersiapkan semuanya dengan baik, agar mudik berjalan lancar dan terkendali. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Instansi terkait diminta mengantisipasi lonjakan pemudik pada lebaran tahun 2023. Karena diprediksi, pemudik akan meningka pada tahun ini.

Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman mengingatkan kepada Dinas Perhubungan untuk dapat mempersiapkan semuanya dengan baik, agar mudik berjalan lancar dan terkendali.

"Dinas Perhubungan saya harapkan dapat membantu memberikan kelancaran pemudik, baik jalur darat, laut dan udara," kata Bambang Suherman, Senin (10/4/2023).

Ia melanjutkan, untuk jalur darat supaya dikoordinasikan dengan dinas terkait yaitu PUPR mana jalan yang harus mendapat perhatian untuk dilakukan perbaikan, sehingga jalan menjadi bagus dan nyaman untuk pengendara.

"Masalah jalan ini juga penting, selain kenyamanan pengguna jalan juga untuk mencegah rawan terjadinya kecelakaan. Kalau jalan berlubang kan pasti mengganggu perjalanan dan juga rawan kecelakaan," katanya.

Kemudian, jalur udara dan juga laut agar dipastikan kesiapaannya. Seperti jalur laut atau moda transportasi kapal ini saat mudik sangat banyak diminati masyarakat.

"Saat mudik pastikan masyarakat mudah untuk mendapatkan tiket. Jangan sampai mudik lebaran ini jadi momen orang tidak bertanggung jawab atau kena Calo', sehingga calon penumpang membeli tikrt dengan harga sangat mahal, ini perlu juga menjadi perhatian serius," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III memperkirakan jumlah penumpang pada arus mudik lebaran 2023 yang akan berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar Kuami, diperkirakan sebanyak 17.874 jiwa.

Pihaknya memprediksi memprediksi adanya peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik lebaran 2023 yang akan berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar yakni 10.15 persen, dibanding angkutan mudik lebaran tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)