Dalam Sehari, 2 Kebakaran Terjadi di Gunungkidul

Senin, 10 April 2023 - 08:10 WIB
loading...
Dalam Sehari, 2 Kebakaran Terjadi di Gunungkidul
Dua kebakaran terjadi di kawasan Gunungkidul dalam semalam. Peristiwa pertama terjadi di Kapanewon Playen di mana sebuah kandang berisi 5 sapi dan 4 kambing ludes terbakar. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Dua kebakaran terjadi di kawasan Gunungkidul dalam semalam. Peristiwa pertama terjadi di Kapanewon Playen di mana sebuah kandang berisi 5 sapi dan 4 kambing ludes terbakar . Kemudian lokasi kedua terjadi di Kapanewon Paruk.

Kapolsek Playen, AKP Sigit Teja Kusuma menuturkan kebakaran di Kapanewon Playen terjadi di Padukuhan Ngrancang Rt 085/Rw.011 Kekurahan Bleberan Kapanewon Playen.

Kandang ternak milik Suhardi ludes terbakar. Beruntung ternaknya berhasil diselamatkan. "Kandang ludes kerugian diperkirakan capai Rp20 jut," ujar Sigit.

Peristiwa tersebut terjadi Minggu (8/4/2023) petang sekira pukul 18.00 WIB. Di mana Sekitar pukul 18.00 WIB, keluarga Suhardi sedang melaksanakan buka puasa, kemudian tetangga korban mendengar suara jerami terbakar, lalu keluar rumah dan melihat api sudah membakar bagian atap kandang. "Mendengar suara jerami terbakar tetangga memanggil korban," kata dia.

Keluarga korban kemudian berlari ke kandang untuk mengeluarkan Sapi dan kambing dari kandang. Mereka juga berteriak minta tolong dan ada yang menghubungi Damkar Kabupaten Gunungkidul.

Dengan mengerahkan emoat unit Damkar Kabupaten Gunungkidul, api Berhasil dipadamkan Pukul 19.00 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena korban atau pemilik kandang membakar bedian atau sisa makanan untuk mengusir nyamuk dan mengobati sapi yg sedang sakit.

"Peternak Gunungkidul memang punya kebiasaan mengusir nyamuk dengan membuat perapian," ujar dia.

Kebakaran kedua terjadi di padukuhan Trosari, RT 21/ 06 Kalurahan Salam Kapanewon Patuk. Rumah Jumilan (40) nyaris ludes karena si jago merah.
Peristiwa tersebut terjadi saat pemilik rumah pergi Salat Taraweh di Masjid. "Kemungkinan terjadi arus pendek api merembet ke bangunan induk.
Api sudah dapat di padamkan," kata Panewu Patuk, Martono Imam Santosa.

Baca: Memalukan! Sepak Bola Tarkam di Jember Ricuh, Pemain Lari ke Sawah.

Akibat kebakaran tersebut alat tukang milik korban rusak seperti Bur listrik terbakar dan Grenda listrik juga terbakar. Beruntung kebakaran cepat dikuasai oleh warga yang bahu membahu melakukan pemadaman.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)