Gerakan Wakaf Alquran Sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Sesama

Minggu, 09 April 2023 - 21:41 WIB
loading...
Gerakan Wakaf Alquran Sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Sesama
YMSM melalui unit usaha APP Sinar Mas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills (Pindo Deli) Karawang, mewakafkan 1.000 Alquran dan menyantuni anak yatim piatu di Masjid Agung Karawang. (Ist)
A A A
KARAWANG - Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM) melalui unit usaha APP Sinar Mas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills (Pindo Deli) Karawang, mewakafkan 1.000 Alquran dan menyantuni anak yatim piatu di Masjid Agung Karawang.

Acara yang berlangsung di Masjid Agung Karawang, Alun-alun Karawang, ini turut dihadiri Sekda Karawang Acep Jamhuri dan unsur muspida terkait.

"Program wakaf Alquran ini sebagai wujud kepedulian sosial dan mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di Tanah Air. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat dan memperkuat semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama," ungkap Deputy Director PT Pindo Deli Karawang Adil Teguh seusai menyerahkan secara simbolis Al Quran kepada Sekda Karawang Acep Jamhuri, dikutip Minggu (9/4/2023).

“Wakaf Alquran menjadi wahana bagi kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Khususnya di bulan Ramadan yang penuh rahmat ini,” tambahnya.

Sejak tahun 2008, APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 1,2 juta Alquran, melampaui target awal program wakaf Alquran sebanyak 1 juta.

Pendistribusian Alquran ini telah mencakup berbagai wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, termasuk pulau-pulau terluar, dengan dukungan dari institusi pemerintah, TNI-Polri, LSM, tokoh muslim nasional, pondok pesantren, serta komunitas jurnalis dan literasi.

Selain Alquran, APP Sinar mas berupaya menjadikan program ini lebih mencakup ke berbagai lapisan umur, karena lebih dari 200 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma telah didistribusikan.

Program pembagian buku ini bertujuan agar lebih menjangkau kalangan pembaca (umur), sehingga dapat mengenalkan anak-anak bagaimana acara membaca Alquran dengan baik dan benar sejak dini.

Program wakaf Alquran ini juga menjangkau lapisan masyarakat dengan keterbatasan melalui Alquran Braille. Sampai dengan saat ini APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 300 set Alquran Braille ke berbagai daerah.

Dalam menjalankan program wakaf Alquran ini, APP Sinar Mas mengedepankan produk dan merk andalan sendiri. Sejalan dengan kebijakan pemerintah memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

Alquran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Alquran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh salah satu unit usaha APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk-Tangerang ini telah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. Selain teksturnya yang sangat halus, hasil cetakannya sangat baik dan detil.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7097 seconds (0.1#10.140)