Pola Pendidikan Pesantren Az Zuhri Semarang Dipuji TGB Zainul Majdi

Sabtu, 08 April 2023 - 21:35 WIB
loading...
Pola Pendidikan Pesantren Az Zuhri Semarang Dipuji TGB Zainul Majdi
Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo, Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A di Ponpes Salafiyah Az Zuhri, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Sabtu (8/4/2023) petang. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Bersilaturahmi ke Pondok pesantren As Zuhri Semarang, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A menyampaikan tentang pentingnya keseimbangan dalam kehidupan. Hal ini tentunya sangat diperlukan, agar hal-hal baik yang dicita-citakan dapat terwujud.



Menurut TGB. Muhammad Zainul Majdi, Nabi Muhammad SAW mengisahkan para pemimpin mencerminkan amalan-amalan yang dipimpinnya. Sehingga mengetahui hak dan kewajiban masing-masing menjadi sangat penting.



"Kalau kata Imam Al Ghazali, timbangan yang menjaga keseimbangan kehidupan, dari timbangan itu lahirlah keadilan, menempatkan sesuatu pada tempatnya," kata TGB. Muhammad Zainul Majdi, saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Sabtu (8/4/2023).



Menurutnya, Islam itu bukan tentang pemimpin saja tetapi juga tentang yang dipimpin. Jadi tidak bijak jika hanya menuntut pemimpin harus seperti apa yang diinginkan, tanpa mengindahkan hak dan kewajiban.

TGB. Muhammad Zainul Majdi juga memuji model pendidikan pesantren yang diterapkan di Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri Tembalang tersebut. Bahwa mendidik, membersihkan hati, menata jiwa itu didahulukan daripada belajar kitab dan ilmu.

"Beruntung Kang Mas, Kang Mas, Mbak Yu, Mbak Yu, belajar di sini. Urutannya sudah benar, takziah dulu baru taklim, akhlak dulu baru ilmu. Sekarang banyak ilmu untuk menang berdebat, mencari pangkat," bebernya.



TGB Muhammad Zainul Majdi juga mengajak merenung dari Surat Ar Rahman yang dibaca imam Salat Magrib, Dr. Awaluddin Pimay, Lc., M.A, salah satu ustaz di Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri.

"Allah SWT sebelum menciptakan Bumi dan segala isinya, Allah lebih dulu menciptakan timbangan kehidupan, (al Mizan). Apa artinya? Kata para ulama, bahwa menegakkan timbangan kehidupan, menempatkan sesuatu pada tempatnya adalah azas bagaimana Bumi ini menjadi berkah," sambungnya.

TGB Muhammad Zainul Majdi berterimakasih kepada Pondok Pesantren Salafiyah Az Zuhri Tembalang, yang telah menyambut rombongannya dengan baik. "Mohon maaf, kedatangan kami merepotkan atau membuat sibuk, mudah-mudahan ada berkahnya," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)