Wakili Wisuda Eril di ITB, Ridwan Kamil Petik Teladan Kebaikan di Dunia

Sabtu, 08 April 2023 - 19:02 WIB
loading...
Wakili Wisuda Eril di ITB, Ridwan Kamil Petik Teladan Kebaikan di Dunia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mewakili putranya, Eril wisuda di ITB Bandung. Dia mengaku banyak memetik teladan dari Eril yang meninggal tahun lalu. Foto/MPI
A A A
BANDUNG - Kepergian Emmeril Khan Mumtadz (Eril) memberikan banyak pelajaran bagi sang ayah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ridwan Kamil mengaku banyak memetik teladan dari Eril yang meninggal dunia pada tahun lalu.

Mendiang Eril dipanggil yang maha kuasa usai tenggelam saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 lalu.


Eril, panggilan Emmeril Kahn Mumtadz merupakan mahasiswa ITB angkatan 2017. Almarhum lahir pada 25 Juni 1999 di Kota New York, Amerika Serikat.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, ketika kita berpulang tidak akan ada lagi yang diingat dan melekat. Manusia yang mengenal hanya mengenang memori kita selama hidup.

"Yang ada hanya memori dan yang diingat saya doakan adalah memori-memori kebaikan kita kepada sesama," kata Kang Emil saat sambutan kepada wisudawan dan para orangtua di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Sabtu (8/4/2023).

Kang Emil mengungkapkan, kebaikan Eril kepada sesama ketika itu yang menjadi teladan dirinya saat ini.


Jika itu baik, maka Kang Emil berharap para wisudawan ITB bisa juga mengambil teladan tersebut.


"Nanti yang diingat bukan gelarnya, bukan hartanya, yang diingat adalah melakukan apa melalui ilmunya, waktunya, umurnya, hartanya untuk membawa kebaikan kepada orang lain," ujar orang nomor satu di Jabar itu.

Oleh karenanya, Kang Emil mempersilahkan para wisudawan ITB hari ini berbahagia dan bersukacita.

Bagi Kang Emil, pilihan yang luar biasa ketika kuliah dan bisa wisuda di ITB.

"Kita doakan kehidupan tidak berhenti di hari ini, kehidupan sedang kita buka gerbangnya kepada anak-anak kita untuk menjadi insan kamil, insan paripurna, insan yang Khoirunnas anfauhum linnas," ucapnya.

Dikatakan Kang Emil, apa yang diutarakannya di FTMD ITB merupakan doa, semangat dan isi hatinya. Dia berharap, hal itu bisa mewakili perasaan orangtua yang anaknya di wisuda.

"Pimpinan di FTMD ini kita doakan beliau-beliau juga dibalas pahala dengan berlipat telah memberikan ilmu kepada anak-anak kita," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3223 seconds (0.1#10.140)