Qunuu, Tradisi saat Ramadan yang Tetap Dijaga Masyarakat Gorontalo di Manado

Jum'at, 07 April 2023 - 11:10 WIB
loading...
Qunuu, Tradisi saat Ramadan yang Tetap Dijaga Masyarakat Gorontalo di Manado
Tradisi Qunuu digelar masyarakat Gorontalo yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Qunuu selalu digelar masyarakat Gorontalo, saat pertengahan puasa Ramadan. Foto/MPI/Arther Loupatty
A A A
MANADO - Malam sudah larut, namun keakraban dalam silaturahmi masyarakat Gorontalo, yang tinggal di Kota Manado, Sulawesi Utara, masih terus terjaga di tengah kesederhanaan. Mereka menggelar acara Qunuu, sebagai wujud menjaga tradisi yang telah diwarisi secara turun-temurun.



Tradisi Qunuu selalu digelar di bulan puasa Ramadan, oleh masyarakat Gorontalo. Tradisi itu tetap digelar, meskipun mereka berada di perantauan. Qunuu merupakan tradisi yang digelar pada hari ke-15 puasa Ramadan.



Waktu pertengahan puasa Ramadan, dipilih untuk menggelar tradisi ini, dengan tujuan agar puasa Ramadan di 15 hari terakhir menuju Idul Fitri semakin khusyuk. "Kita masih menjaga tradisi Qunuu, meskipun berada di perantauan," ungkap salah satu warga Gorontalo di Kota Manado, Amir Duda.



Pria yang akrab dis apa Bang Kumis itu mengatakan, tradisi Qunuu yang dilaksanakan pada hari ke-15 Ramadan, adalah tradisi yang sudah ada di Gorontalo, sejak dari zaman dahulu kala yang dilaksanakan di Kecamatan Batudaa.

"Tradisi ini kami lakukan bukan hanya dimaknai untuk memperbanyak ibadah dan amalan, serta beritikaf di masjid, tapi juga dimanifestasikan dalam sebuah tradisi makan pisang dan kacang yang dilakoni oleh setiap keluarga," ujar Amir.

Qunuu, Tradisi saat Ramadan yang Tetap Dijaga Masyarakat Gorontalo di Manado


Kata Kunut yang merupakan serapan dari Qunut dalam bahasa Arab, memiliki beberapa arti dan makna, di antaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa dan khusyuk. Kunut juga merupakan doa yang dibaca seorang muslim saat salat subuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)