Jelang Paskah, Polisi Kerahkan Robot Survalince untuk Sterilisasi Gereja

Kamis, 06 April 2023 - 14:37 WIB
loading...
Jelang Paskah, Polisi Kerahkan Robot Survalince untuk Sterilisasi Gereja
Tim Jihandak Polda DIY mengerahkan robot survalince deteksi dini untuk sterilisasi gereja di Yogyakarta menjelang Paskah, Kamis (6/4/2023). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Tim Jihandak Brimob Polda DIY melakukan penyisiran dan sterilisasi gereja yang akan digunakan untuk perayaan Paskah yang berlangsung Jumat (8/4/2023). Sterilisasi di antaranya dilakukan di Gereja Kotabaru, Yogyakarta, Kamis (7/4/2023).

PS Panit Jihandak Brimob Polda DIY, Aiptu Hanang Kurniawan menuturkan, sebanyak delapan personel Brimob melakukan penyisiran dan sterilisasi ke Gereja Kotabaru.


Mereka datang dengan membawa peralatan sterilisasi mulai dari mirror awt hingga robot survalince.

"Kami sudah datang ke sini satu tim berjumlah delapan personel. kita menggunakan alat deteksi yang kita punyai," ujar Hanang, Kamis (6/4/2023).

Dia mengatakan sterilisasi menggunakan robot tersebut karena alat ini bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit. Alat ini juga dilengkapi dengan kamera pengintai yang mampu melakukan penginderaan sesuatu yang mencurigakan.

Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharja mengatakan pihaknya terus memantau pelaksanaan sterilisasi yang dilakukan oleh tim Jihandak Polda DIY.


Pihaknya juga turut membantu melaksanakan pengecekan untuk hal-hal yang mencurigakan, hal-hal yang negatif atau benda-benda yang terlarang di lokasi ini.

"Kita tidak menemukan benda atau hal yang mencurigakan," ujar Timbul.

Pada Perayaan Paskah kali ini pihaknya akan menyiapkan sekitar 580 personel untuk pengamanan. Mereka akan bertugas mulai Jumat hingga Minggu mendatang mengikuti jadwal kegiatan gereja.

Sterilisasi pada hari ini berlangsung di Gereja Kotabaru, Gereja Loji Kecil dan Gereja Albertus. Tiga gereja ini memiliki jumlah jemaah yang lebih banyak ketimbang gereja lain.

"Semua fungsi dilibatkan (dalam pengamanan). karena jumlahnya sekitar 580 personel," ungkapnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)