Kolaborasi Gerakan Kemanusiaan Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka dan Sahur

Rabu, 05 April 2023 - 00:53 WIB
loading...
Kolaborasi Gerakan Kemanusiaan Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka dan Sahur
PT Heinz ABC Indonesia (ABD) kembali menghadirkan program #ABCDapurBersamaIbu di 125 titik di 12 provinsi.
A A A
SURABAYA - Momentum Ramadan menjadi bulan baik untuk setiap orang untuk berbagi. Di bulan suci ini, PT Heinz ABC Indonesia kembali menghadirkan program kemanusiaan Ramadan berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan gerakan kemanusiaan berbasis komunitas, #ABCDapurBersamaIbu. Gerakan ini hadir Surabaya dan sekitarnya.

Misinya merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial ibu. Masakan ini khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.

Di Kota Pahlawan, gerakan ini melibatkan dari 100 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung yang berkolaborasi dengan 10 dapur komunitas ibu. Tugasnya membantu menyiapkan dan membagikan 14.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 35 titik pendistribusian, mencakup wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan.

Menurut Brand Manager Beverage Kraft Heinz Indonesia, Niken Sekarmelati, yang dilakukan ini terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Di momen Ramadan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata.

Baca juga: Berbagi Berkah Ramadan, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp1,050 Miliar ke Warga Bontang

"Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas,” katanya, Selasa (4/4/2023) petang.

Secara total nasional berlangsung selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023 dengan mendistribusikan 125.000 paket makanan dengan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya.

Sebanyak 133 dapur komunitas dilibatkan termasuk di dalamnya 35 warteg. Gerakan ini setiap hari mereka menyiapkan masakan sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, di antaranya: kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung.

Sasaran distribusi lebih dari 125 titik di 27 kota yang tersebar pada 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) yang akan beroperasi setiap harinya.

Co-founder Foodbank of Indonesia (FOI), Wida Septarina menjelaskan, sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, misinya untuk mendorong kemakmuran dan memerangi kelaparan.

"Maka dari itu, kami senang dapat bekerjasama dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu, yang juga mengusung misi yang sama. Kami percaya bahwa ibu memiliki peran penting dalam keluarga, mulai dari menetukan pilihan makanan hingga menyalurkan nilai-nilai kebaikan kepada anggota keluarganya. Mari bersama-sama kita menyalurkan asupan nutrisi yang lebih baik sebagai bentuk bantuan pangan kepada mereka yang membutuhkan,” papar Wida.

Salah seorang relawan, Fanany Hasiyati mengaku senang sekali ABC tahun ini kembali hadir dengan kampanye ramadan ikoniknya. "Melalui gerakan ini, saya bersama dengan ibu-ibu komunitas lainnya mendapatkan kesempatan untuk berbagi kehangatan lewat paket makanan sahur dan buka puasa untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga langkah ini bisa menginspirasi lebih banyak ibu untuk bersama-sama membuat dampak positif yang lebih besar,” terang warga Pakis, Surabaya ini.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)