alexametrics

Mantap, Komunitas Anjal Subang Ikut Donorkan Darah

loading...
Mantap, Komunitas Anjal Subang Ikut Donorkan Darah
Para anjal Subang saat mendonorkan darah di PMI.(Foto: Usep Husaeni/Koran SINDO)
A+ A-
SUBANG - Komunitas anak jalanan (anjal) Kabupaten Subang ramai-ramai mengikuti donor darah yang digelar di pelataran gedung Wisma Karya.

Aksi kemanusiaan kerjasama komunitas anjal dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Subang ini, berhasil mengumpulkan belasan labu darah.

"Dalam kesempatan ini, kami bersyukur bisa menyumbang 18 labu darah, untuk mereka yang membutuhkan," ungkap Enjang, Koordinator Anjal Subang, Senin (23/11/2015).



Kegiatan ini baru pertama kali mereka lakukan. Sebab selama ini, kata dia, para anjal yang tergabung di komunitas disibukan kegiatan mencari nafkah, dengan bekerja serabutan, seperti mengamen di kendaraan atau tempat-tempat tertentu.

"Namun, meski tak punya penghasilan tetap, kami ingin tetap memberikan sumbangsih kemanusiaan untuk sesama yang membutuhkan," tuturnya.

Selain mendonorkan darah, para anjal terutama yang berusia di bawah umur, memanfaatkan kegiatan tersebut untuk memeriksa tekanan dan golongan darah.

"Jika di antara kami ada yang belum dapat menyumbang darah, mudah-mudahan tiga bulan ke depan bisa ikut mendonor," imbuh Enjang.

Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Subang Dwinan Marchiawaty, mengaku bangga atas kesediaan komunitas anjal mendonorkan darah mereka. Sebab, kondisi seperti ini jarang ditemukan.

"Kami apresiasi komitmen para anjal ini. Dari 50 orang yang mendonor, berhasil mengumpulkan sekitar 18 labu darah, sehingga bisa menambah stok darah kami," ucap Dwinan.

Dikatakan, saat ini stok darah PMI selalu tidak sebanding dengan tingginya permintaan atau kebutuhan darah masyarakat. Sehingga, dibutuhkan lebih banyak pendonor untuk mengatasi kekurangan.

"Harus diakui, kesadaran masyarakat untuk mendonor masih rendah dan perlu ditingkatkan, agar kebutuhan darah tidak selalu kedodoran. Ke depan, kami akan terus maksimalkan upaya untuk meningkatkan ketersediaan darah," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak