Erick Thohir Pemimpin Bermental Juara

Senin, 03 April 2023 - 18:01 WIB
loading...
Erick Thohir Pemimpin Bermental Juara
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dinyatakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Achsien sebagai pemimpin yang penuh prestasi. (Ist)
A A A
BOGOR - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dinyatakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Achsien sebagai pemimpin yang penuh prestasi.

Pemimpin andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak hanya berprestasi ketika di dalam pemerintahan namun juga ketika di luar.

Prestasi Erick Thohir terekam jelas di benak masyarakat pertama kali ketika penyelenggaraan Asian Games 2018. Kala itu, ia adalah Ketua Penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta – Palembang.

Kepiawaian Erick Thohir memimpin mampu membuat Asian Games 2018 menjadi sukses dan meriah. Bahkan, Asian Games 2018 banyak mendapatkan apresiasi di dunia internasional.

“Pada saat perhelatan akbar Asian Games tinggal setahun, Erick Thohir diminta menjadi ketua penyelenggara. Kalkulasi teknis beropini tidak mungkin Indonesia akan bisa menjadi tuan rumah yang berhasil. Fakta membuktikan sebaliknya, Erick Thohir dengan kapastitas dan ketenangannya bisa membuat acara besar itu sukses,” terang Iggi.

Setelah berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018, Erick Thohir mendapatkan amanah dari Presiden Jokowi sebagai Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu. Ia kembali mencatatkan prestasi dengan mengantarkan Presiden Jokowi untuk memimpin di periode ke dua.

Ia semakin dipercaya oleh Presiden Jokowi dengan diberikannya posisi untuk memimpin Kementerian BUMN. Di Kementerian BUMN kiprah Erick Thohir semakin melejit dengan menuai berbagai prestasi.

Di antaranya adalah kebijakan holdingisasi yang dinilai mustahil oleh barbagai pihak berhasil dilakukan oleh Erick Thohir. Hal ini membuat jumlah BUMN yang tadinya ratusan menjadi 43 dan perusahaan – perusahaan pelat merah berhasil melakukan efisiensi keuangan.

Berkat Erick Thohir juga Indonesia memiliki bank syariah terbesar yakni Bank Syariah Indonesia (BSI), hasil merger bank-bank syariah milik BUMN. Tak berhenti sampai di situ, Eks Presiden Inter Milan ini juga berhasil memberantas korupsi yang mengakar di Kementerian BUMN seperti kasus Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia.

Alhasil, laba dari Kementerian BUMN meningkat demikian pula dengan kontribusi kepada negara. Laba Kementerian BUMN meningkat dari Rp 13 triliun di 2020 menjadi Rp 124,7 triliun di 2021 dan terakhir di tahun 2022 berada di angka Rp 303,7 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)