Kisah I Wayan Reka, Seniman Barong Bali yang Terus Berkarya di Usia Senja

Senin, 03 April 2023 - 11:12 WIB
loading...
Kisah I Wayan Reka, Seniman Barong Bali yang Terus Berkarya di Usia Senja
I Wayan Reka (81) seniman pembuat barong asal Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, masih tetap aktif berkarya. Foto/iNews TV/Ketut Catur Kusumaningrat
A A A
GIANYAR - Tubuh mulai dimakan usia senja. Jari-jari tak lagi sekuat masa munda. Tetapi tidak ada kata menyerah bagi I Wayan Reka, seniman pembuat Barong khas Bali ini tetap berkarya meski usianya telah memasuki 81 tahun.



Sorot matanya masih tajam saat melihat dan melakukan proses penyelesaian akhir barong-barong karyanya. Dia dengan teliti mengukir, hingga mengecat barong-barong tersebut, hingga karakter barong itu hidup.



Usia senja tak membatasinya untuk terus bergerak dan berkarya. Dia tak ingin berdiam diri, seniman barong asal Sukawari, Kabupaten Gianyar, Bali ini, terus aktif berkarya membuat barong. Bahkan, hasil karyanya banyak yang dikirim ke luar negeri.



Meski sudah disebut sebagai maestro seniman barong, I Wayan Reka tetap sederhana. "Masih banyak wisatawan dari mancanegara yang memesan barong, seperti dari Amerika Serikat, Jepang, dan Prancis," ungkapnya.

Karakter yang hidup dari barong karyanya, membuat banyak barong-barong yang dibuatnya kini menghiasi pura-pura di Bali, untuk dijadikan benda sakral sebagai piranti peribadatan di dalam pura.

Berada di sanggarnya yang ada di Jalan Lettu Nengah Duaji, Kabupaten Gianyar, Bali, I Wayan Reka banyak dibantu anak-anak muda untuk terus menjaga kelestarian seni tradisional tersebut.

Kisah I Wayan Reka, Seniman Barong Bali yang Terus Berkarya di Usia Senja
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)