Milenial Pasuruan Tingkatkan Literasi Melalui Parade Puisi

Rabu, 29 Maret 2023 - 12:25 WIB
loading...
Milenial Pasuruan Tingkatkan Literasi Melalui Parade Puisi
Relawan OMG Kabupaten Pasuruan menggelar Parade Cipta Karya Puisi, Selasa (28/3/2023). Kegiatan ini untuk menyulut semangat milenial mengembangkan kreativitas. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PASURUAN - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kabupaten Pasuruan menggelar Parade Cipta Karya Puisi. Kegiatan ini untuk menyulut semangat milenial mengembangkan kreativitas, menumbuhkan semangat berliterasi, serta menghidupkan jiwa sastra.

”Momen ini menjadi ruang berkreasi, menumbuhkan semangat literasi dan sastra di kalangan milenial,” kata Ketua DPC OMG Kabupaten Pasuruan, Imron Ubaidillah di K-Naya Coffe & Event Space, Dusun Bejigeneng, Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa (28/3/2023).

Acara ini digelar dengan menggandeng berbagai komunitas pegiat sastra, teater, musik, dan literasi. Dalam acara ini, para peserta diberi memberikan kesempatan tampil sebagai bentuk mendukung kebebasan berekspresi.

Setiap bait dan irama puisi yang dibacakan para peserta punya interpretasi berbeda-beda. Penampilan musikalisasi puisi oleh orkestra Kidung Linglung juga sukses memanjakan mata dan telinga siapa saja di acara itu.

"Tujuannya ya untuk mengembangkan potensi dari teman-teman ini. Saat ini kan sastra itu menurutku kurang ada wadah gitu, mungkin itu perlunya nanti pengembangan juga," lanjut Imron.

Menurutnya, milenial di era digital perlu menanamkan semangat literasi sejak dini. Misalnya minat baca dan menulis.

Lebih lanjut Imron mengatakan, lingkungan serta pergaulan yang lekat dengan dunia literasi akan memengaruhi tingkah laku serta kebiasaan generasi muda. literasi menjadi aspek yang sangat penting bagi masa depan Indonesia untuk membangun generasi muda berintelektual.

"Tentunya juga kami mendukung teman-teman yang di lokal ini untuk lebih terekspresi dari apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka cita-citakan selama ini di dunia sastra agar lebih terekspos," tandasnya.

Jijiz (30) salah satu peserta menyebut acara ini sangat tepat bagi para milenial mengembangkan kreativitas, menumbuhkan semangat berliterasi, serta hidupkan jiwa sastra. "Terkait karya puisi, sangat dramatis. Teman-teman sangat menjiwai. Acara ini harus terus dilanjutkan," katanya.

Selain itu, OMG DPC Kabupaten Pasuruan memberikan alat lighting kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni El-Izzah. Tujuannya agar mereka lebih semangat menggiatkan pementasan seni.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)