70 Persen Bahan Pangan Naik Harga, Ridwan Kamil: Relatif Wajar

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:50 WIB
loading...
70 Persen Bahan Pangan Naik Harga, Ridwan Kamil: Relatif Wajar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat sidak di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (28/3/2023).
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan inspeksi mendadak ( sidak ) ke Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (28/3/2023). Ridwan Kamil turut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar.

Di sela sidak, Ridwan Kamil memastikan beberapa harga komoditas pokok memang mengalami kenaikan. Namun, ada juga beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami penurunan.

"Kami menindaklanjuti Mendagri, kita turun ke lapangan dan monitor 70 persen naik, beras naik, cabai naik, beras naik, sayur baik, ikan naik. Ada juga turun. Daging dyam di sini (Kiaracondong) turun, beberapa produk juga turun," papar Kang Emil, sapaannya.

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi saat ini disebabkan karena tingginya harga beli masyarakat bukan karena adanya permainan harga dari distributor.

Baca juga: Harga Sembako Merangkak Naik, Jabar Segera Gelar Operasi Pasar Murah

Karena itu, Ridwan Kamil pun memastikan, kondisi kenaikan harga ini masih aman dan tidak membuat dampak yang tinggi pada masyarakat.

"Hari ini relatif wajar, tidak membawa komplen, relatif aman harga. Ini karena demain tinggi, artinya masih kita monitor tidak ada rekayasa, yang bagus minyak goreng, ini stabil beberapa masih Rp14.000 masih manteng," terangnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil pun turut menyoroti kondisi Pasar Kiarancondong usai masuk ke dalam kawasan pasar dan menyapa sejumlah pedagang.

"Pasar yang sebenarnya dulu saya desain menjadi pasar modern, tapi karena dimiliki oleh BUMD tidak bisa kita berikan bantuan keuangan," ungkapnya.

Ridwan Kamil pun meminta Pemkot Bandung memperhatikan kondisi Pasar Kiaracondong. "Saya motivasi agar PD Pasar Bandung ini bisa revitalisasi jauh lebih beradab dan jauh lebih bagus," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4151 seconds (0.1#10.140)