Kisah Saridin, Wali Nyeleneh yang Diusir Sunan Kudus karena Pamer Kesaktian

Senin, 27 Maret 2023 - 16:16 WIB
loading...
Kisah Saridin, Wali Nyeleneh yang Diusir Sunan Kudus karena Pamer Kesaktian
Makam Saridin atau Syekh Jangkung di Pati Jawa Tengah (foto/ist)
A A A
Saridin atau Syekh Jangkung merupakan wali penyebar Islam yang namanya populer di kawasan pesisir utara, utamanya di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Selain bertingkah nyeleneh (tak lazim), di sebagian besar masyarakat pesisir utara, Saridin dikenal dengan karomahnya (kesaktian). Kelebihan itu konon sudah terlihat sejak Saridin masih menjadi santri Sunan Kudus.

Lantaran penasaran, Sunan Kudus bahkan sempat menguji kejadugan Saridin. Wali Songo yang bernama Ja'far Shadiq itu ingin tahu seberapa besar kemampuan yang dimiliki santrinya.

Dalam buku kumpulan Kisah 31 Nabi dan Wali Songo (2015), Saridin yang tiba-tiba dipanggil Sunan Kudus mendapat pertanyaan soal air dan ikan.

“Apakah setiap air pasti ada ikannya, Saridin?”. Saridin yang bertabiat nyeleneh, tidak merasa sedang diuji. Dengan ringan ia mengatakan bahwa setiap air pasti ada ikannya.

Baca juga: Kisah Karomah Syekh Abdul Muhyi Pamijahan: Sembuhkan Orang Buta hingga Kalahkan Pasukan Lebah

Sunan Kudus terdiam sejenak. Kemudian disuruhnya santri lain memetik buah kelapa yang pohonnya tumbuh di pekarangan. Sebutir kelapa lantas dijulurkan ke muka.

Disaksikan oleh semua, buah kelapa itu dibelah. Semua mata santri sontak terbelalak. Ajaib. Di dalam air kelapa terlihat sejumlah ikan yang asyik berenang. Ucapan Saridin tidak meleset.

Banyak santri yang takjub. Namun ada juga yang menilai Saridin sedang pamer ilmu. Sementara atas pemandangan yang tidak lazim itu Sunan Kudus hanya tersenyum.

Saridin atau Sayyid Raden Syarifuddin atau Raden Saridin atau Syekh Jangkung lahir pada 1540-an Masehi. Ia merupakan putra Sunan Muria dengan istri Dewi Samaran atau Dewi Sujinah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)