Keseruan Gebyar Kampoeng Ramadan, Ada Pesta Rakyat hingga Pentas Seni

Senin, 27 Maret 2023 - 12:13 WIB
loading...
Keseruan Gebyar Kampoeng Ramadan, Ada Pesta Rakyat hingga Pentas Seni
Relawan OMG Jatim bersama mahasiswa dan milenial menggelar Gebyar Kampoeng Ramadan di Surabaya. Kegiatan ini untuk menggenjot potensi perekonomian UMKM. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SURABAYA - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jatim bersama mahasiswa dan milenial menggelar Gebyar Kampoeng Ramadan. Kegiatan ini untuk melestarikan seni budaya daerah dan menggenjot potensi perekonomian UMKM.

Kegiatan ini digelar di Mbahe Cafe, Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Sabtu (25/3/2023) dan Minggu (26/3/2023). Koordinator Bidang Keperempuanan OMG Jatim, Fingki Suswati mengatakan pihaknya juga memberi ruang UMKM binaan untuk membuka lapak usaha pada kegiatan itu secara gratis.

"Sebelumnya kita sudah memberdayakan UMKM-UMKM yang ada di Surabaya dan juga di Jatim, dan juga menggandeng UKM (unit kegiatan mahasiswa)," kata Fingki di lokasi, Minggu (26/3/2023).

Total ada 25 UMKM ikut dalam kegiatan ini. Sekitar 10 12 UMKM binaan OMG Jatim dan sisanya koperasi mahasiswa (Kopma).

Suasana kian meriah dengan penampilan tari-tarian adat Nusantara, banjari (hadrah), serta live music dari para milenial dan mahasiswa se-Surabaya. Para pengunjung pun tampak bergembira dengan hiburan tersebut.

"Konsepnya acaranya itu jadi selain mereka bisa belanja, juga dapet hiburan gratis yaitu pesta kesenian, pesta rakyat, kemudian banjari kemudian live music," jelasnya.

Melalui kegiatan ini para pendukung Ganjar Pranowo itu ingin memperkenalkan sekaligus melestarikan seni budaya Indonesia. Selain itu, bazar ini mendorong UMKM mendapatkan penghasilan tambahan di bulan suci Ramadan.

“Kita berharap langkah kolaborasi antara kawula muda, milenial, dan mahasiswa dapat terus berlanjut sehingga bisa menelurkan agenda-agenda positif lain untuk menebar kebermanfaatan,” tuturnya.

Hanan Salsabila (20), salah satu pelaku UMKM merasa terbantu adanya acara Gebyar Kampoeng Ramadhan ini. Dia mengaku mendapat keuntungan yang terbilang cukup banyak.

"Kesannya sih bagus ya acaranya. Lumayan membantu di acara hari ini, para UMKM meningkatkan pendapatan mereka dan saya juga," ungkapnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)