BMKG dan Kemenang Pantau Rukyatul Hilal di Pantai Galesong

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:54 WIB
loading...
BMKG dan Kemenang Pantau Rukyatul Hilal di Pantai Galesong
BMKG Wilayah IV Makassar, bersama Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan pemantauan rukyatul hilal di Takalar, Sulawesi Selatan. Foto/iNews TV/Bugma
A A A
TAKALAR - Pemantauan rukyatul hilal, untuk menentukan awal puasa bulan Ramadan, digelar BMKG Wilayah IV Makassar, bersama Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan. Kali ini, pemantauan rukyatul hilal digelar di Pantai Galesong, Takalar, Rabu (22/3/2023).



Berbagai persiapan telah dilakukan tim pemantau rukyatul hilal, sejak pukul 14.30 Wita. Pemantauan rukyatul hilal di Pantai Galeosong ini, merupakan yang pertama kali dilakukan, setelah sebelumnya selalu digelar di GMTDC Makassar.



Koordinator Observasi BMKG Wilayah IV Makassar, Jamroni mengatakan, pemantauan rukyatul hilal kali ini dilakukan di Pantai Galesong, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten, Sulawesi Selatan, karena dinilai jarak pandang hilal lebih jelas.



"Selama ini kita bertahun-tahun memantau rukyatul hilal di GMTDC Makassar, tahun ini kita laksanakan di Pantai Galesong. Pertimbangannya, di Pantai Galesong, jarak pandang hilal lebih jelas," tutur Jamroni.

BMKG dan Kemenang Pantau Rukyatul Hilal di Pantai Galesong


Jamroni juga menjelaskan, pengamatan rukyatul hilal di Pantai Galesong, diharapkan mendapatkan hasil maksimal, karena penguapan di kawasan tersebut dinilai bagus, dan jarak pandangnya lebih jauh.



Dia berharap cuaca selama pemantauan rukyatul hilal juga bagus, sehingga kesempatan untuk melakukan selama 34 menit dapat dilaksanakan secara maksimal. Selain di pantai Galesong, pemantauan rukyatul hilal juga dilakukan di Kabupaten Gowa.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)