KILA 2023 Tiba di Semarang, Puluhan Anak Tampil Memukau

Rabu, 22 Maret 2023 - 06:11 WIB
loading...
KILA 2023 Tiba di Semarang, Puluhan Anak Tampil Memukau
Pentas tahunan yang digelar Kemendikbud Ristek ini diikuti puluhan anak, menyanyikan total 15 lagu, dan 1 buah lagu tema yang diciptakan Dian H.P di Gedung Radjawali Semarang Culture.(Ist)
A A A
SEMARANG - Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2023 telah tiba di Semarang. Pentas tahunan yang digelar Kemendikbud Ristek ini diikuti puluhan anak, menyanyikan total 15 lagu, dan 1 buah lagu tema yang diciptakan Dian H.P di Gedung Radjawali Semarang Culture, akhir pekan lalu.

"Ini bagian dari strategi kita membangkitkan kembali ekosistem musik anak Indonesia. Mulai dari pencipta, penyanyi anak-anak, idola-idola cilik itu sudah dua dekade ini berkurang. Kita ingin mendekatkan kembali lagu-lagu anak untuk anak," ujar Kepala Subdirektorat Seni Pertunjukan Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Edi Irawan di sela acara.

Di Kota Semarang, KILA telah mengunjungi beberapa sekolah antara lain: SDN Pekunden, SDN Miroto, SDN Pleburan 02, SDN Brumbungan, SDN Karangkidul, SD Hj. Isriati Baiturrahman 01, SD Islam Terpadu Al Firdaus, MI Al Khoiriyyah 01, MI Al Khoiriyyah 02, SD Kristen YSKI dan SD Pangudi Luhur Bernardus. Selain itu sosialisasi dilakukan ke beberapa PAUD dan sekolah musik.
Sementara untuk pengisi acara antara lain: Axel, Shello, Padma, Haura, Aisha, Abner, Yolanda, Belva, Nikeisha, dan Callista.

"Mereka membawakan lagu-lagu karya pemenang lomba cipta lagu KILA dengan diiringi oleh penari dari sanggar Kareista dengan pengarah gerak Nyoman Semedi, pengarah vokal Tanti Hudoro, aransemen musik Alfa Dwi Agustiar dan pengarah tata suara Dino Kristianto," beber Edi.

Kepala Disbudpar Kota Semarang Wing Wiyarso mengapresiasi kegiatan positif ini. “Kita tahu sekarang banyak lagu dewasa justru dinyanyikan anak-anak yang bahkan tidak tahu artinya. Maka KILA ini kita dukung untuk kembali digelar di Kota Semarang. Apalagi nanti kita punya tempat khusus di TBRS yang saat ini sedang dibangun untuk gedung pertunjukan,” jelas Wing.

KILA telah membentuk komunitas besar yang tediri dari sekitar 1.400 orang pencipta lagu, 140 pembuat aransemen lagu, dan 1.300 penyanyi anak yang telah berpartisipasi dalam lomba-lomba KILA.

Roadshow KILA 2023 akan berlanjut ke banyak kota dan daerah. Yang terdekat di Balai Budaya, Surabaya pada 6 April mendatang. Para penampil anak-anak yakni Yolandha, Calista, Belva, Haura, Ilona, Aiko, Mikael, dan Krissan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)