Pastikan Ketersediaan Pangan Hadapi Ramadhan, Pemerintah Siapkan Langkah Strategis

Selasa, 21 Maret 2023 - 00:01 WIB
loading...
Pastikan Ketersediaan Pangan Hadapi Ramadhan, Pemerintah Siapkan Langkah Strategis
Pemerintah menyiapkan langkah strategis untuk memastikan kecukupan pasokan serta keterjangkauan harga bahan pokok menjelang lebaran. Saat ini sektor ketahanan pangan masih menghadapi ketidakpastian. Foto ist
A A A
BOGOR - Pemerintah menyiapkan langkah strategis untuk memastikan kecukupan pasokan serta keterjangkauan harga bahan pokok menjelang lebaran. Pemerintah mengakui, saat ini sektor ketahanan pangan masih menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Selain itu, masih ada disparitas pasokan antar waktu dan antar wilayah. "Begitu juga faktor iklim dan cuaca yang dapat mempengaruhi pasokan pangan di masa yang akan datang," kata Plt Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Ferry Irawan, Senin (20/3/2023). Baca Juga: Mendag Tinjau Harga dan Stok Pangan Jelang Ramadan di Pasar Sentral Mamuju



Ferry Irawan menyampaikan itu dalam Dialog FMB9 yang mengangkat tema ‘Menjaga Harga dan Ketersediaan Pangan’. Oleh karena itu, lanjut dia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengorkestrasi kebijakan untuk menjaga stabilitas harga."Dalam konteks target, inflasi kita pada 2023 ini bisa kembali ke target awal sebesar kurang lebih satu sampai tiga persen,” ujarnya.

Ferry menyampaikan, beberapa strategi telah dilakukan oleh pemerintah untuk dapat memastikan terpenuhinya kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia. Terutama menghadapi bulan suci yang dalam sejarahnya siklus tren kenaikan harga selalu terjadi.

Dari sisi pasokan bahan pangan, pemerintah secara berkesinambungan terus melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok secara terus-menerus.

"Beberapa komoditas yang menjadi perhatian pemerintah antara lain beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras, serta daging sapi, agar tetap terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Kedua, tambahnya, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan di seluruh wilayah. Hal ini meliputi koordinasi dengan gudang distributor, pasar tradisional, pasar ritel modern, serta produsen.

"Dalam hal ini, perlu juga memperhitungkan adanya tambahan kebutuhan bahan pangan untuk mengantisipasi rencana penyaluran bantuan sosial di bulan Maret 2023," tukasnya. Pokok Lebih Terjangkau

Ketiga, mengoptimalkan pelaksanaan operasi pasar atau bazar murah. Langkah ini dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, terutama bagi komoditas pangan strategis.

"Pemerintah perlu melibatkan semua stakeholders dan berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional serta Bulog untuk memastikan keterjangkauan harga bagi masyarakat," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)