Gigih Bangun Kota Wisata, Wali Kota Pariaman Raih Gelar Kehormatan Profesor dari Jungwoon University Korsel

Sabtu, 18 Maret 2023 - 07:41 WIB
loading...
Gigih Bangun Kota Wisata, Wali Kota Pariaman Raih Gelar Kehormatan Profesor dari Jungwoon University Korsel
Wali Kota Pariaman Genius Umar dianugerahi gelar kehormatan profesor dari Jungwoon University, Korsel. Foto/Ist
A A A
PARIAMAN - Wali Kota Pariaman Genius Umar dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Jungwoon University, Korea Selatan (Korsel). Gelar kehormatan diberikan atas kegigihan mengembangkan pariwisata Pariaman.

Rektor Jungwon University, Goesan Korea Selatan, Presiden Profesor Hwang Yun-Heon langsung mengukuhkan gelar Kehormatan Profesor kepada Genius Umar pada Kamis 16 Maret 2023.



Genius Umar mengatakan, gelar kehormatan ini dipersembahkan untuk warganya dan berkat kerja keras jajaran Pemkot Pariaman dalam menjalankan visinya sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Barat.

”Kami (Pemkot) dalam mengambil kebijakan selalu mengedepankan tentang peningkatan ekonomi masyarakat, melalui pariwisata, apalagi kita berada di kawasan pesisir pantai, maka pengembangan wisata bahari, dan kebudayaan menjadi penunjang pariwisata,” kata Genius dalam keterangannya, Sabtu (18/3/2023).

Dia menceritakan, saat orasi pengukuhan gelar profesor di Jungwoon University memaparkan tentang program kebijakan pariwisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

”Dalam pengembangan pariwisata akan menimbulkan multiflier effect. Maka banyak dunia usaha yang ikut untuk berkembang mulai dari wisata kuliner hingga ekonomi kreatif. Tentu saja ini berkat kerja keras dan dukungan semua pihak,” jelasnya.



Saat ini, kata Genius, pengembangan pariwisata Kota Pariaman telah mendapatkan impact dari pembangunan pariwisata. Mulai dari pertumbuhan ekonomi (PE). Meskipun saat pandemic Covid-19 minus satu, setelah itu tumbuh menjadi 4,55 persen.

Bahkan, pengembangan pariwisata juga mengantarkan peredaran uang di Kota Pariaman mengalami peningkatan hingga 98,5 persen dari tahun 2021 ke tahun 2022. Sehingga hal ini memicu peningkatan pendapatan warga lokal.

Genius menjelaskan, pemerintah menerapkan strategi peningkatan pariwisata diawali dengan penetapan master plan wisata lewat Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPPAR) yang menjadi pedoman dalam pengembangan pariwisata.

”Kita menetapkan pariwisata di Kota Pariaman menjadi empat zona. Mulai dari zona rekreasi bahari yaitu Pantai Gandoriah hingga Pantai Sunur. Kemudian zona ecowisata bahari di Pulau Kasiak Nareh hingga zona wisata minat khusus dan zona agrowisata pedesaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Genius memaparkan, kebijakan-kebijakan yang dibuatnya tersebutlah, yang kemudian mengantarkan pariwisata di Kota Pariaman memberikan impact yang bagus pada pertumbuhan perekonomian yang tentu berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Genius menambahkan, Pariaman memiliki wisata budaya tabuik yang menjadi magnet untuk mendatangkan turis lokal dan mancanegara ke Kota Pariaman. Disamping itu Pariaman juga memiliki pulau-pulau yang indah untuk snorkling dan diving

”Kami juga menata kawasan tepi sungai menjadi kawasan water front city. Pariaman juga telah menerapkan smart city dan smart living dengan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan dan memberikan kehidupan layak bagi warga Kota Pariaman,” ucapnya.

Untuk pendidikan, Kota Pariaman menjamin pendidikan gratis hingga 12 tahun dan program beasiswa Saga Saja (satu keluarga satu sarjana) bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi vokasi yang terbaik di Indonesia.

”Terkait kesehatan jaminan kesehatan di Kota Pariaman sudah mengcover 99,6 persen lebih warga kita. Termasuk juga program perbaikan sanitasi air bersih dan renovasi rumah warga kurang mampu,” sebutnya.

Sementara itu Rektor Jungwon University, Presiden Profesor Hwang Yun-Heon mengatakan bahwa sosok Genius Umar adalah pemimpin yang sukses, mempunyai perspektif yang luas dan visi ke depan yang jelas.

”Sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat meningkat. Berbagai program kebijakan dan upaya kerja keras beliau memajukan pariwisata berdampak dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Jadi, kami menganugerahkan gelar profesor atas kegigihannya,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)