100 Jurnalis Ikuti Uji Kompetensi Wartawan di Depok

Kamis, 16 Maret 2023 - 05:04 WIB
loading...
100 Jurnalis Ikuti Uji Kompetensi Wartawan di Depok
Sebanyak 100 jurnalis dari berbagai media mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat muda, madya dan utama di Depok, Jawa Barat pada 15-16 Maret 2023. Foto/Ist
A A A
DEPOK - Sebanyak 100 jurnalis dari berbagai media mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat muda, madya dan utama di Grand Zamzam Tower, Depok, Jawa Barat pada 15-16 Maret 2023. Uji kompetensi ini digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat dan Depok.

Kepala Bidang Informasi Keterbukaan Publik (IKP) Diskominfo Jawa Barat, Fais Rahman dalam kesempatan ini menyatakan, program UKW gratis yang digulirkan Pemprov Jabar merupakan bentuk komitmen mendorong terwujudnya insan pers yang profesional dan kompeten.



"Program UKW gratis ini tidak hanya menjadi simbol kolaborasi yang solid antara Pemprov Jabar dan PWI, tetapi juga bentuk kepedulian Gubernur Ridwan Kamil dan mendorong jurnalis yang kompeten, profesional dan tentu saja berdaya saing," ujarnya.

Kegiatan UKW gratis ini rencananya digelar di 10 titik di Jawa Barat. Hingga saat ini, sudah tiga kali kegiatan UKW gratis dilaksanakan.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat menjelaskan, UKW tidak mudah dilaksanakan lantaran banyak kendala, terutama tentang persyaratan yang ketat dari Dewan Pers, hingga jadwal acara sempat diundur.

“Banyak nama media yang sama dengan nama lembaga negara sehingga pengajuan menjadi peserta UKW dicoret oleh Dewan Pers. Hal ini, tentunya harus diperhatikan dengan serius oleh semua pihak,” ujarnya.



Dalam kesempatan ini, panitia menghadirkan sejumlah narasumber untuk terlibat aktif dalam UKW. Yaitu, Kepala Diskominfo Depok Manto, anggota DPR Wenny Haryanto, Kepala Biro Humas & KIP UI Amelita Lusia.

Selanjutnya Sekdis Disdik Depok Sutarno, Wakil Ketua DPRD Depok Yeti Wulandari, anggota DPRD Jabar Hasbullah Rahmad, anggota DPRD Depok Edi Sitorus, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Depok Wahid Suryono. Para narasumber didapuk untuk memberikan materi jumpa pers dan doorstop kepada para peserta UKW.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9085 seconds (0.1#10.140)