Terbukti Unggul dengan Siapapun, Erick Thohir Punya Potensi Besar di Pilpres 2024

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:13 WIB
loading...
Terbukti Unggul dengan Siapapun, Erick Thohir Punya Potensi Besar di Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk dipasangkan dengan calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. (Ist)
A A A
BANTEN - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk dipasangkan dengan calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Analis Perfekto untuk Indonesia, Fakhrul Radhi melihat menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mampu membuat peluang menang capres meningkat.

Setiap kali Erick Thohir dipasangkan dengan capres dalam simulasi, pasangan ini selalu keluar sebagai pemenang. Hal ini terbukti dari berbagai hasil lembaga survei yang melakukan simulasi pilpres mendatang.

“Erick Thohir semakin menguasai peta elektoral cawapres RI 2024, dari beberapa hasil survei berbagai lembaga ternama, pasangan yang disandingkan dengan Erick Thohir kerap sekali keluar sebagai pasangan yang paling diunggulkan,” terang Fakhrul.

Mengambil contoh ketika dipasangkan dengan capres Ganjar Pranowo di dalam survei IPO. Duet Ganjar – Erick keluar menjadi pemenang dalam simulasi tiga pasangan IPO dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen.

Pasangan kepala daerah dan menteri tersebut berhasil mengalahkan duet Prabowo – Muhaimin dan Airlangga – Ridwan Kamil. Masing – masing duet tersebut hanya memiliki elektabilitas sebesar 31,5 persen dan 19,4 persen.

“Baru-baru ini survei IPO, Ganjar Pranowo unggul 36,8 persen saat disandingkan dengan Erick Thohir,” ujar Fakhrul.

Berbanding terbalik ketika Ganjar dipasangkan dengan kandidat lain seperti Airlangga ataupun Puan Maharani. Penurunan elektabilitas terjadi ketika Gubernur Jateng tersebut dipasangkan dengan kandidat lain selain Erick Thohir.

Bersama Airlangga terjadi penurunan elektabilitas sebesar 7,9 persen dari Ganjar – Erick. Ganjar – Airlangga terekam memiliki elektabilitas sebesar 28,9 persen dan berada di posisi kedua dalam simulasi pilpres 2024.

Penurunan lebih tajam terjadi ketika Ganjar berpasangan dengan Puan. Jika dibandingkan pasangan Ganjar – Erick dan Ganjar – Puan ada jarak elektabilitas sebesar 14,9 persen. Di mana elektabilitas Ganjar – Puan hanya di angka 21,9 persen dan berada di posisi ketiga dalam simulasi versi IPO.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Fakrul menyimpulkan duet Ganjar – Erick berpotensi menang di pilpres ketimbang skema pasangan lain yang muncul. Terbukti, duet Ganjar – Erick mampu mengungguli para pesaingnya dalam kontestasi demokrasi.

“Kontribusi Erick Thohir sebagai cawapres mendongkrak suara calon presiden, namun berbeda saat Ganjar dipasangkan dengan cawapres lainnya, elektabilitasnya langsung turun,” pungkas Fakhrul.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)