RS Siloam Palangkaraya Resmikan Fasilitas MRI, Wali Kota: Pelayanan Kesehatan Semakin Maju

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:40 WIB
loading...
RS Siloam Palangkaraya Resmikan Fasilitas MRI, Wali Kota: Pelayanan Kesehatan Semakin Maju
Rumah Sakit Siloam Palangkaraya meresmikan MRI 1.5 Tesla, Rabu (15/3/2023) ini. Peresmian ini sekaligus menjadikan RS Siloam sebagai rumah sakit swasta pertama di Kalteng yang memiliki MRI. Foto ist
A A A
PALANGKARAYA - Rumah Sakit (RS) Siloam Palangkaraya meresmikan fasilitas Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla, Rabu (15/3/2023) ini. Peresmian ini sekaligus menjadikan RS Siloam sebagai rumah sakit swasta pertama di Kalimantan Tengah yang memiliki fasilitas MRI.

Acara peresmian dihadiri oleh Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin, Ketua IDI Kota Palangkaraya dr Tagor Sibarani dan Ketua IDI Provinsi Kalimantan Tengah dr Mikko U. Mapas, Sp.OG, Kepala Dinas PTSP Kota Palangkaraya Akhmad Fordiansyah, Kabid Dokkes Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol dr Danang Pamudji dan Pimpinan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Amriyata.

Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin menyampaikan apresiasi kepada RS Siloam yang telah menyediakan infrastruktur, teknologi, dan talenta medis untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi masyarakat.

"Kami menyampaikan terima kasih karena RS Siloam tidak hanya memberikan semangat kepada kami, namun juga menyiapkan fasilitas bagi layanan kesehatan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Selama ini banyak pasien melakukan perawatan di luar kota untuk pemeriksaan MRI," kata Farid, Rabu (15/3/2023).

Farid mengakui bahwa pemeriksaan di luar kota, selain tidak nyaman juga biayanya mahal. "Karena ada biaya tambahan berupa transportasi dan penginapan yang harus ditanggung pasien dan keluarganya. Dengan adanya MRI di RS Siloam Palangkaraya, kami memiliki harapan besar agar pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah semakin baik dan bertambah maju," ujarnya.

"Hal ini menjadi motivasi bagi rumah sakit daerah yang ada di Kalimantan Tengah juga bisa segera memiliki MRI agar pelayanan yang tersedia semakin lengkap dan kemampuan diagnosis penyakit menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Alat MRI 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik imaging mutakhir untuk mendeteksi penyakit dan evaluasi terapi yang memiliki kekuatan 1,5 Tesla. Pemeriksaan MRI merupakan golden standard untuk diagnosis yang lebih akurat bagi beragam masalah kesehatan pada seluruh jaringan tubuh, mulai dari otak, jantung, tulang, hingga organ lainnya.

Mesin MRI menggunakan medan magnet yang kuat dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar struktur tubuh yang meliputi organ, tulang, serta jaringan secara terperinci dan berkualitas tinggi sehingga dapat digunakan untuk skrining awal berbagai penyakit.

Penggunaan gelombang magnet dan radio tidak memancarkan sinar radiasi sehingga aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun. Pemeriksaan dengan MRI juga tidak menimbukan rasa sakit dan mendukung dokter spesialis dalam memberikan diagnosis penyakit secara tepat. Selain itu, MRI juga dilakukan untuk evaluasi terapi pengobatan yang dilakukan dengan lebih mendetail.

Hendy Widjaja, Network Managing Director Grup RS Siloam mengatakan, pengadaan fasilitas MRI sejalan dengan komitmen Siloam dalam membuka akses layanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan medis yang bertujuan untuk mendukung terciptanya masyarakat Kalimantan Tengah yang sehat dan produktif.

Pihaknya berharap kehadiran MRI semakin memudahkan pelayanan terhadap pasien.Hendy menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melakukan kerja sama pelayanan kesehatan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) hingga rekanan asuransi dan korporasi.

"Hal ini tentunya akan membantu masyarakat Kalimantan Tengah untuk lebih mudah mengakses layanan kesehatan dengan pilihan jaminan yang tersedia,” tuturnya.

Peresmian juga diikuti dengan seminar medis untuk para dokter perusahaan dan dokter spesialis di Kalimantan Tengah dalam rangka berbagi pengetahuan, indikasi, dan kemampuan alat MRI. Seminar ini juga akan dihadiri oleh para sub-spesialis radiologi yang terkait sebagai narasumber.

"Seminar medis ini menunjukkan komitmen dokter spesialis dalam pengembangan mutu pelayanan terhadap pasien di RS Siloam Palangka Raya dan rumah sakit lainnya di Kalimantan Tengah," pungkanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)