Provinsi Makin Banyak, Menhan Prabowo Usulkan Pembentukan Kodam Baru

Rabu, 15 Maret 2023 - 00:17 WIB
loading...
Provinsi Makin Banyak, Menhan Prabowo Usulkan Pembentukan Kodam Baru
Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto mengusulkan pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) menyusul perkembangan situasi demografi di Indonesia. (Ist)
A A A
BANDUNG - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto mengusulkan pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) menyusul perkembangan situasi demografi di Indonesia.

"Kita harus mengikuti perkembangan demografi kita dan juga perkembangan sistem administrasi politik kita karena sistem pertahanan kita adalah sistem pertahanan rakyat semesta," kata Prabowo dalam kegiatan pengarahan kepada Babinsa se-Kodam III/Siliwangi di Bandung, Selasa (14/3/2023).

Prabowo menyebut, sistem pertahanan rakyat semesta bisa diartikan pemerintah pusat harus bergandengan dengan gubernur hingga tataran kades.

Soal demografi, lanjut Prabowo, Indonesia saat ini sudah memiliki 34 provinsi. Ke depan, jumlah provinsi bukan tidak mungkin akan bertambah.

Oleh karenanya, Prabowo menyebut perlunya Kodam, bahkan Kodim baru di daerah demi terciptanya pertahanan rakyat semesta.

"Jadi mau tidak mau kita harus nambah supaya ada Kodam, Korem, Kodim, dan sebagainya karena pertahanan kita pertahanan rakyat," katanya.

Kembangkan Pupuk BIOS 44 DC Hasil Inovasi Pangdam Siliwangi

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga melihat sekitar 20 inovasi teknologi terapan yang telah dihasilkan oleh para prajurit Kodam III/Siliwangi dan memberi pujian atas inovasi teknologi yang telah dilakukan.

Menurut dia, beragam inovasi yang dihasilkan itu bertujuan untuk memecahkan berbagai persoalan di masyarakat seperti masalah air bersih hingga pupuk.

"Terutama masalah air bersih, masalah pupuk, pangan, pengolahan limbah, dari hal tidak produktif sumber penyakit menjadi hal produktif," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)