Berantas Praktik Korupsi, Pemkab Malang Lampaui Target MCP KPK

Senin, 13 Maret 2023 - 10:23 WIB
loading...
Berantas Praktik Korupsi, Pemkab Malang Lampaui Target MCP KPK
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM. (Ist)
A A A
MALANG - Pemkab Malang berhasil melampaui target penilaian Monitoring Centre for Prevention (MCP), yang ditargetkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perolehan nilai lebih ini, menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Malang berkomitmen memberantas praktik korupsi.

KPK memberi target nilai 91 kepada Pemkab Malang dalam penilaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) tahun 2022.

"Pemkab Malang dalam penilaian itu, melampaui target yang diminta KPK. Kami 96 nilainya, hampir sempurna 100," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM, Senin (13/3/23).

Beberapa waktu lalu penilaian MCP KPK Pemkab Malang sempat berada pada peringkat pertama di Jawa Timur. Namun saat ini turun pada peringkat keenam se-Jatim.

Namun nilai yang dikumpulkan dengan wilayah lain di atasnya, Kabupaten Malang hanya terpaut tipis. Menurut Wahyu Hidayat hanya berbeda nol sekian saja.

Tetapi dalam skala nasional, diakui Wahyu, Pemkab Malang berada pada peringkat 31 terbaik. Dibandingkan dengan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi lainnya.

"Dulu sebelum target (nilai) 91, Kabupaten Malang nilainya masih 87. Kemudian oleh KPK ditargetkan harus 91. Alhamdulillah tahun 2022 kami malah sudah lebih tinggi dari target. Kami sudah 96 koma sekian pada penilaian tahun 2022," jelasnya.

Dengan pencapaian penilaian terbaik dari KPK, Wahyu menegaskan Pemkab Malang akan terus berusaha untuk mempertahankannya. Salah satunya dengan menciptakan lingkungan pemerintah yang tertib administrasi dan transparan.

"Penghargaan yang telah diterima Kabupaten Malang ini tidak lepas dari peran seluruh pihak. Termasuk jajaran OPD (organisasi perangkat daerah) dan tentunya masyarakat Kabupaten Malang. Semoga ke depan bisa menjadi lebih baik lagi," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)