Polantas Candi dan Hadir Mulai Diterapkan di Jateng

Jum'at, 17 Juli 2020 - 16:35 WIB
loading...
Polantas Candi dan Hadir Mulai Diterapkan di Jateng
Dirlantas Polda Jateng, Kombes Arman Achdiat menyatakan Kasatlantas se-Jateng menyatukan langkah dan tekad melalui program Polantas Candi dan Polantas Hadir. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah , Kombes Arman Achdiat mengemukakan Kasatlantas se-Jateng menyatukan langkah dan tekad melalui program “Polantas Candi” dan “Polantas Hadir”. Arman menjelaskan, dua semboyan itu bersumber dari saripati kata-kata yang akrab di telinga anggota dan sering digunakan dalam kegiatan yang sifatnya rutin.

Semboyan Polantas Candi merupakan filosofi yang mencangkup cerdas, agamis, negosiator, dedikasi dan inovatif. Sementara semboyan Polantas Hadir merupakan akronim dari humanis, antisipatif, disiplin, inisiatif dan responsif.
(Baca juga: Harta Tak Dibawa Mati, Ibu Berkursi Roda Diseret ke Pengadilan)

Dirlantas menambahkan, kata Hadir dipilih untuk mengingatkan bahwa pada kondisi sekarang ini aparat negara seyogianya berada di tengah-tengah masyarakat dan bersama mereka bahu membahu menyelesaikan permasalahan. Keberadaan aparat di tengah masyarakat wujud negara hadir. (Baca juga: Penumpang Sepi, Kereta Api Argo Parahyangan Operasionalnya Dihentikan Lagi)

“Polisi Lalu lintas juga hadir meneguhkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Apalagi di masa pandemi COVID-19 , saat mana Pilkada serentak 2020 akan dilaksanakan,” katanya setelah rapat Anev Semester I tahun 2020 bersama seluruh Kasatlantas se Polda Jateng di Semarang, Jumat (17/7/2020).

Menurut Arman, dua semboyan tersebut sebagai upaya mengejawantahkan perintah-perintah pimpinan yang harus ditunaikan anggota korps lalu lintas Polda Jateng supaya mudah diingat selain gampang dieksekusi pada level keseharian. "Kalau diingat saja sulit, bagaimana anggota bisa melaksanakan? Karena itu, kita ciptakan semboyan yang mudah diingat dan relevan dengan tugas keseharian," ujarnya.

Dengan program ini, diharapkan jajaran Ditlantas Polda Jateng mewujudkan kepribadian unggul selama menunaikan tugas melalui semboyan Polantas Candi dengan mengimplementasikan cara-cara yang cerdas dalam berpikir dan bertindak, agamis dalam arti menyadari setiap tugas adalah ibadah, menjadi negosiator ulung dengan mengedepankan win-win solution setiap kali menghadapi masalah.

Berdedikasi tinggi saat bertugas, menjaga loyalitas kepada pimpinan dan korps serta berinovasi menyesuaikan tuntutan zaman, menyederhanakan pelayanan agar mudah, cepat, transparan dan berkeadilan.

Sementara dari sudut pandang Polantas Hadir secara harfiah mengharuskan polisi lalu lintas meleburkan diri di tengah masyarakat, membantu mereka menyelesaikan persoalan. Diwujudkan dengan sikap dan tindakan konkrit. Seperti mengedepankan senyum sapa salam dan sopan dalam melaksanakan tugas sebagai manifestasi prinsip humanis, peka terhadap permasalahan terkini serta mencegah timbulnya masalah sebagai penerapan prinsip antisipatif serta mematuhi aturan sebagai bentuk disiplin.

Elemen semboyan lain dari Polantas Hadir adalah inisiatif dimana anggota mampu menjabarkan petunjuk dan arahan pimpinan menjadi tindakan nyata serta mempunyai ide atau gagasan yang baru dalam memecahkan masalah. Polisi lalulintas senantiasa berada di black spot dan trouble spot sesuai prinsip tepat waktu, tepat lokasi, tepat personel dan tepat cara bertindak sebagai pengejawantahan prinsip responsif. Selain itu piawai memanfaatkan media sosial untuk menjawab permasalahan masyarakat.

Pada Hari Bhayangkara lalu, lanjut Arman, Presiden Joko Widodo merilis 7 Instruksi kepada jajaran Polri untuk memegang teguh serta mengamalkan nilai- nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya, terus melakukan reformasi diri secara total, memantapkan soliditas internal, terus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis. Memperkuat sinergi dengan seluruh elemen, terus meningkatkan pelayanan publik yang modern, professional, transparan dan berkeadilan serta ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional.

"Instruksi Presiden kemudian ditindak lanjuti dengan commander wish Kapolri dan Kapolda Jawa Tengah. Ditlantas Polda Jateng selanjutnya mengimplementasikan menjadi Polantas Candi dan Polantas Hadir untuk dilaksanakan seluruh jajaran korps lalu lintas di lingkungan Polda Jateng," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)