Plan International Gandeng Visa Indonesia Tingkatkan Literasi Keuangan Remaja Perempuan

Sabtu, 11 Maret 2023 - 00:10 WIB
loading...
Plan International Gandeng Visa Indonesia Tingkatkan Literasi Keuangan Remaja Perempuan
Plan International berkolaborasi dengan Visa untuk meningkatkan literasi keuangan dan bisnis bagi remaja perempuan dan kaum muda di Indonesia dan Filipina. Foto ist
A A A
BOGOR - Plan International berkolaborasi dengan Visa untuk meningkatkan literasi keuangan dan bisnis bagi remaja perempuan dan kaum muda di Indonesia dan Filipina. Kedua organisasi ini yakin bisa membantu remaja perempuan dalam meniti karier mereka di masa depan.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan, literasi keuangan merupakan kunci untuk membuka pertumbuhan ekonomi di banyak negara berkembang. Kaum muda perlu menguasai pengetahuan seputar pengelolaan keuangan yang penting untuk memaksimalkan dan menciptakan peluang mereka sendiri.

"Literasi keuangan telah terbukti menjadi keterampilan hidup utama bagi individu untuk berpartisipasi dalam masyarakat yang semakin kompleks, untuk mengelola uang mereka dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka," ujar Rico.

Menurut Rico, rendahnya tingkat literasi keuangan dapat menghambat potensi tersebut. Keterampilan dalam pengelolaan keuangan, terutama di kalangan anak muda yang sedang dalam masa transisi dari sekolah menjadi pekerja yang mendapatkan upah maupun berwirausaha sangat penting.

"Kami percaya bahwa memberdayakan generasi muda, terutama remaja perempuan, dengan pengetahuan tentang sistem keuangan formal memiliki manfaat ekonomi yang signifikan. Kolaborasi kami dengan Plan International akan berdampak pada kehidupan ribuan anak muda," tukasnya.

Menurutnya, remaja perempuan dan wanita muda khususnya, membutuhkan literasi keuangan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu bagaimana mereka mengelola keuangan, mengejar peluang ubntuk mendapatkan penghasilan, membayar ragam biaya, dan merencanakan masa depan.

"Akses terhadap produk dan layanan keuangan yang bermanfaat, terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan mereka, penting untuk dimiliki kaum muda. Terutama jika akses ini diberikan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," ungkapnya..

Hal iniz tambahnya, akan membantu kaum muda yang rentan dan terkucilkan. 'Terutama perempuan muda, untuk menjadi tangguh dan dapat terlibat aktif dalam memilih pekerjaan yang layak untuk diri mereka sendiri.

Bhagyashri Dengle, Executive Director, Asia Pacific, Plan International mengatakan, pihaknya sangat yakin bahwa kemitraan dengan Visa akan berkontribusi secara signifikan dalam memperkuat keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Mempromosikan inklusi keuangan, dan membangun ketangguhan yang memungkinkan perempuan muda untuk bersaing di pasar tenaga kerja abad ke-21," ujar Dengle.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5180 seconds (0.1#10.140)