Keren! Ini Abdullah Mudzakir Pemuda Desa dari Semarang yang Temukan Bug pada Google

Jum'at, 10 Maret 2023 - 16:32 WIB
loading...
Keren! Ini Abdullah Mudzakir Pemuda Desa dari Semarang yang Temukan Bug pada Google
Abdullah Mudzakir (18) seorang pemuda asal Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berhasil menemukan bug atau kecacatan pada sistem Google. Foto/iNews TV/Lurisa Lulu
A A A
SEMARANG - Dari sebuah desa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Abdullah Mudzakir seorang pemuda berusia 18 tahun mampu mengguncang dunia. Pemuda dari Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat tersebut, mampu menemukan titik kelemahan Google.



Kemampuannya di bidang teknologi informasi, membuat Abdullah Mudzakir mampu menutak-atik berbagai sistem keamanan. Bahkan, diusianya yang masih belia dan di balik senyumnya yang polos, dia sudah disebut hacker.



Tetapi jangan melihatnya dari sisi negatif saja. Melalui keahliannya membaca sistem keamanan di bidang teknologi informasi, Abdullah Mudzakir mampu membaca adanya bug atau kecacatan dalam sistem yang dimiliki Google.



Celah keamanan itu, dapat diretas oleh Abdullah Mudzakir, dan langsung diberitahukannya kepada Google, dengan harapan agar segera diperbaiki. Kemampuannya meretas sistem keamanan raksasa perusahaan tekhnologi digital tersebut, membuat namanya langsung melambung di kalangan hacker.

Abdullah Mudzakir tidak menjadikan kemampuannya membaca celah keamanan pada sistem Google tersebut, untuk melakukan aksi kejahatan. Dia dengan penuh tanggungjawab menyampaikannya kepada Google.

Keren! Ini Abdullah Mudzakir Pemuda Desa dari Semarang yang Temukan Bug pada Google


Laporan ke Google juga bukan hal mudah, karena empat kali laporan yang disampaikannya tidak langsung dipercaya. "Laporan ke lima baru dipercaya, itupun harus menjelaskan lebih dahulu, baru Google mempercayainya," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)