Pria Pengangguran Terlibat Jaringan Hacker Internasional, Berhasil Retas Kartu Kredit WNA

Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:08 WIB
loading...
Pria Pengangguran Terlibat Jaringan Hacker Internasional, Berhasil Retas Kartu Kredit WNA
Seorang pria pengangguran di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berinisial BS (29) alias Bams ditangkap Polda Sulawesi Selatan, karena meretas kartu kredit milik Warga Negara Asing (WNA), dan terlibat jaringan hacker internasional. Foto/iNews TV/Wahyu Rusla
A A A
MAKASSAR - Pria pengangguran di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berinisial BS (29) alias Bams meretas kartu kredit milik Warga Negara Asing (WNA). BS yang diduga terlibat jaringan hacker internasional, hanya bisa tertunduk lesu saat ditangkap Polda Sulawesi Selatan.



BS melancarkan aksinya meretas kartu kredit dengan modus menyebarkan tautan melalui Facebook, Telegram, dan Email. Saat korban membuka tautan tersebut, maka data dari para korban akan tersalin secara otomatis ke komputer pelaku.



Selama ini, BS yang merupakan warga Jalan Batua, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar tersebut, juga menjadi incaran FBI dan Interpol. Hal ini dikarenakan, banyak korban peretasan yang dilakukan BS merupakan WNA.



Sebelum penangkapan terhadap BS, Mabes Polri telah berhasil menangkap hacker berinisial RS yang menjadi pimpinan jaringan hacker internasional tempat BS bergabung di dalamnya.

Wadirkrimsus Polda Sulawesi Selatan, AKBP Gani Alamsyah mengatakan, pelaku melancarkan aksinya dengan menyebarkan tautan melalui Facebook, Telegram, dan Email secara acak. "Saat korban membuka tautan tersebut, maka seluruh data korban akan tersalin otomatis di komputer pelaku," terangnya.

Pria Pengangguran Terlibat Jaringan Hacker Internasional, Berhasil Retas Kartu Kredit WNA


Dari hasil pemeriksaan sementara, Gani menyebut, hacker tersebut mendapatkan 16 piranti lunak untuk membuat tautan yang digunakan meretas data korban, dengan cara membeli seharga Rp2 juta ke jaringan hacker yang diikutinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)