Bentrok 2 Ormas Pecah di Banyumas, 2 Luka Bacok

Rabu, 08 Maret 2023 - 18:46 WIB
loading...
Bentrok 2 Ormas Pecah di Banyumas, 2 Luka Bacok
Bentrokan dua ormas terjadi di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, hingga mengakibatkan dua orang terluka. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Bentrokan antar organisasi masyarakat (Ormas) pecah di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dalam betrokan yang melibatkan anggota ormas tersebut, mengakibatkan dua orang terluka parah akibat bacokan senjata tajam.



Polisi telah melakukan penyelidikan terhadap bentrokan antara dua ormas tersebut. Sebanyak sembilan pelaku bentrokan telah diminta keterangan. Polisi juga menyita sejumlah alat bukti berupa senjata dan berbagai benda yang digunakan dalam bentrokan.



Dalam video amatir yang beredar di media sosial, terlihat anggota ormas yang terlibat bentrokan . Kedua kelompok massa, sama-sama mempersenjatai diri dengan senjata tajam, kayu, batu, dan pentungan.



Kapolresta Banyumas, Kombes Pol. Edy Suranta Sitepu mengatakan, sembilan orang yang diperiksa terkait bentrokan antar dua ormas tersebut masih berstatus sebagai saksi. "Kami juga meminta pihak-pihak yang terlibat bentrokan, untuk segera menyerahkan diri," tegasnya.

Dia menambahkan, bentrokan antar ormas tersebut berawal dari adanya pengerjakan proyek wahana bermain yang berada di wilayah Kecamatan Sumbang. Namun dalam pengerjaan proyek, tanah urugan proyek mengenai kolam-kolam ikan milik warga sehingga warga mempermasalahkan kepada pelaksana proyek.



Dalam pertemuan antara warga dengan pelaksana proyek, sudah ada kesepatan untuk mengganti kerugian warga. Namun, ada anggota dari dua ormas tersebut justru terlibat bentrokan saat kesepakatan penggantian kerugian warga. Bentrokan tersebut, memicu keterlibatan anggota lainnya hingga terjadi aksi saling serang.

Tidak ingin bentrokan meluas, Polresta Banyumas langsung mengerahkan pasukan dalmas untuk melakukan penyekatan dan mensterilkan lokasi. Para pelaku yang terlibat bentrokan, juga langsung dikumpulkan di halaman balai desa. "Para pelaku bentrokan masih kami kejar, dan kami tegaskan akan melakukan tindakan tegas terhadap para perusuh," tegas Edy.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)