Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,1 Guncang Bolaang Mongondow Selatan

Rabu, 08 Maret 2023 - 09:32 WIB
loading...
Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,1 Guncang Bolaang Mongondow Selatan
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1 mengguncang Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Rabu (8/3/2023) sekitar pukul 09.08 WIB. Foto/BMKG
A A A
BOLAANG MONGONDOW SELATAN - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1 mengguncang wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Pusat gempa berada di lautan dengan kedalaman 10 km, dan berjarak 92 km arah tenggara Kecamatan Bolaanguki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.



Warga diminta untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan, dan menjauhi bangunan yang mudah roboh. Hal ini untuk menghindari jatuhnya korban, yang diakibatkan oelh getaran gempa. Gempa bumi terjadi pukul 09.08, Rabu (8/3/2023).



Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H. Mengko menyebutkan, wilayah Sulawesi Utara memang rawan terjadi gempa bumi, sehingga masyarakat harus selalu waspada.



"Kami mengimbau agar masyarakat mengetahui dan melatih diri secara rutin terkait tindakan penyelamatan. Hal ini untuk mengantisipasi jatuhnya korban saat terjadi gempa bumi. Selain itu, juga memastikan dan membangun stuktur bangunan yang tahan gempa bumi," tegasnya.



Mengko menyebutkan, gempa bumi terjadi setiap hari di wilayah Sulawesi Utara, tetapi tidak semua gempa bumi dirasakan guncangannya. Hal ini dikarenakan tatanan geo-tektonik di wilayah Sulawesi Utara, yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik dan dilewati oleh beberapa patahan (sesar).
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5088 seconds (0.1#10.140)