Pangandaran Diguncang Gempa 3,7 Skala Richer, Tak Berpotensi Tsunami

Jum'at, 17 Juli 2020 - 13:21 WIB
loading...
Pangandaran Diguncang Gempa 3,7 Skala Richer, Tak Berpotensi Tsunami
ilustrasi
A A A
PANGANDARAN - Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat diguncang gempa bumi 3,7 Skala Richer pada pukul 11:08:48 WIB, Jumat (17/7/2020). BMKG sebut gempa tak berpotensi tsunami.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M 3.7. Episenter terletak pada koordinat 8.18 LS dan 107.85 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 89 km Barat Daya Kab, Pangandaran pada kedalaman 18 kilometer.

(Baca juga: Sindikat Curanmor Dibekuk di Cimahi, 1 Pelaku Terpaksa Ditembak )

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho.

Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG. Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cipatujah, Cibalong, Tasikmalaya, Karangnunggal dan Singajaya dengan Skala Intensitas II MMI.

(Baca juga: Hanya 2 Bapaslon Independen Pilkada 2020 di Jabar Lolos Verifikasi Faktual )

Skala ini, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)