Bantu Pendidikan Warga Sekitar, PT ANA Lakukan Sejumlah Langkah

Senin, 06 Maret 2023 - 10:32 WIB
loading...
Bantu Pendidikan Warga Sekitar, PT ANA Lakukan Sejumlah Langkah
PT ANA berkomitmen membantu meningkatkan kualitas pendidikan warga di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Minggu (5/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MOROWALI UTARA - PT Agro Nusa Abadi (ANA) berkomitmen membantu meningkatkan kualitas pendidikan warga. Komitmen ini menjadi salah satu pilar dari konsep pembangunan masyarakat yang dijalankan oleh anak perusahaan dari Astra Agro Lestari ( AAL ) ini.

"Pendidikan merupakan investasi masa depan yang akan mampu membawa masyarakat menjadi lebih berdaya. Ini sudah menjadi komitmen kami dari perusahaan," kata Administratur PT ANA Dani Sitorus kepada wartawan di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Minggu (5/3/2023).

Dani menjelaskan empat pilar konsep pembangunan masyarakat yang menjadi rujukan adalah Astra Kreatif, Astra Sehat, Astra Cerdas, dan Astra Hijau. Sejauh ini, PT ANA selalu konsisten dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk anak masyarakat.

Pelayanan yang telah diwujudkan melalui Program Pembinaan Mutu Sekolah di 14 Sekolah Negeri ring-1, di antaranya penyediaan bus sekolah dan keberadaan fasilitas bus sekolah. "Hadirnya layanan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pendidikan berkualitas untuk karyawan dan masyarakat ring-1," ujarnya.

Kontribusi lainnya pelatihan guru untuk Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri dengan kategori pelaksanaan implementasi. Yakni mandiri belajar, mandiri berubah, serta mandiri berbagi.

"Program ini mendukung keputusan Menristekdikti No 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran yang menyasar pada 175 guru dan 2.623 siswa yang menjadi masyarakat desa ring-1 PT ANA," tuturnya.

Menurut Dani, sepanjang tahun lalu telah terlaksana juga kegiatan pelatihan dan pembinaan pengurus komite di sekolah negeri ring-1. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat peran orang tua dalam mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah.

"Kegiatan tersebut diikuti 28 pengurus komite dan diharapkan berdampak pada 2.322 orang tua siswa (masyarakat desa ring-1)," tandasnya.

Selain itu, bentuk komitmen PT ANA meningkatkan mutu kualitas pendidikan yakni pengembangan kompetensi guru kejuruan melalui program Astra Berbagi Ilmu (ABI). "Kegiatan ini menjadi wadah sharing dari karyawan PT ANA sebagai praktisi pendidikan, penyelarasan kurikulum, dan pembinaan sertifikasi kompetensi yang menyasar pada 15 guru dan 179 siswa," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)