Sambut Ramadan, Umat Muslim di Deli Serdang Aksi Bersih Makam

Minggu, 05 Maret 2023 - 16:29 WIB
loading...
Sambut Ramadan, Umat Muslim di Deli Serdang Aksi Bersih Makam
Umat muslim di Desa Sugiharjo, Kabupaten Deli Serdang bersih-bersih makam, Minggu (5/3/2023). Kegiatan tersebut diinisiasi relawan Srikandi Ganjar dengan IRM Baitul Makmur. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Umat muslim di Kabupaten Deli Serdang menyelenggarakan aksi sosial bersih-bersih makam di Desa Sugiharjo. Kegiatan tersebut diinisiasi relawan Srikandi Ganjar berkolaborasi dengan Ikatan Remaja Masjid Baitul Makmur.

Korwil Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait mengatakan, kegiatan tersebut murni aksi sosial serta wujud rasa syukur menyambut Ramadan. "Kami bersama puluhan remaja lainnya melakukan kegiatan aksi sosial bersih-bersih di makam," katanya di lokasi, Minggu (5/3/2023).

Para pemuda pun antusias dengan aksi gotong royong tersebut. Tak sedikit para warga sekitar ikut membantu membersihkan makam dengan peralatan sederhana.

"Mereka tampak guyub dan seolah-olah sudah tahu tugasnya masing-masing. Ada yang memotong rumput, membersihkan dan merapikan tanaman liar, bahkan memungut sampah di areal TPU," lanjutnya.

Kegiatan bersih-bersih makam sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia berbarengan dengan tradisi ziarah kubur. Masyarakat biasanya berdatangan ke makam untuk berdoa dan membersihkan makam leluhur mereka.

"Mungkin istilahnya nyekar ya. Biasanya memang dilakukan sebelum Ramadan. Alhamdulillah pada kesempatan ini kami bisa terlibat di tengah warga," ucapnya.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan tabur bunga kepada makam para warga leluhur wilayah setempat.
Selain itu, Srikandi Ganjar memberikan satu paket pengeras suara untuk menunjang aktivitas remaja saat Ramadan nanti.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)