Garap Lahan Gambut di Garut, GMP Bentuk Kelompok Tani

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:29 WIB
loading...
Garap Lahan Gambut di...
Relawan GMP membina puluhan petani Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut menggarap lahan gambut. Program ini demi mewujudkan kesejahteraan para petani. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GARUT - Relawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) membina puluhan petani Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut menggarap lahan gambut. Program ini demi mewujudkan kesejahteraan para petani.

Koordinator GMP Fikri Amri mengatakan, pihaknya berkomitmen membuat kelompok tani binaan di wilayah tersebut dengan menggandeng warga setempat yang memiliki lahan gambut. "Kami bekerja sama dengan warga setempat yang memiliki lahan untuk diaktifkan menjadi lahan produktif sehingga bisa digarap oleh petani di Desa Bunisari," katanya di Desa Bunisari, Kamis (2/3/2023).

GMP membentuk kelompok tani binaan agar hasil produksi mereka bisa meningkat. "GMP hadir membentuk kelompok tani yang produktif dan berkesinambungan karena sekarang mulai sedikit orang yang ingin menjadi petani," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, GMP akan membuat instalasi air untuk mengairi sawah yang akan digarap petani binaan. "Dengan irigasi yang baik lahan ini lebih produktif lagi," lanjutnya.

Pembuatan irigasi ini sebagai langkah selanjutnya setelah membuka lahan gambut untuk ditanami padi. "Daerah ini tadah hujan. Dengan instalasi air ini, mereka bisa bertani sepanjang tahun karena tersedianya air setiap saat," jelasnya.

Program ini sangat membantu petani yang tidak mempunyai lahan gambut untuk digarap. Menurut dia, GMP terinspirasi sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk membuat program ini. "Kami terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang sangat peduli pada kelompok tani dan petani sehingga dapat menaikkan derajat mereka," ucapnya.

GMP akan terus mendapingi kelompok tani binaan ini. Mulai menyediakan lahan, pemberian bibit dan pupuk, sampai mereka menghasilkan padi berkualitas super.
"Kemudian, beras yang dihasilkan ini ke depannya dijual dengan harga terbaik," ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Binaan GMP Ujang Zainudin merasa bersyukur atas dibentuknya kelompok tani ini. Dia bahagia karena petani di desanya makin kompak untuk bekerja sama di bidang pertanian.

Ujang mengucapkan terima kasih kepada relawan GMP karena mempermudah mereka dalam bertani dengan penyediaan lahan gambut untuk ditanami padi. "Alhamdulillah, kami mendapat bantuan dari GMP. Kami akan memanfaatkan bantuan ini secara maksimal. Kami sangat terbantu sekali. Kalau mengandalkan iuran petani, sangat sulit," ucapnya.

Ujang berharap GMP segera mewujudkan bantuan instalasi perairan untuk irigasi sawah yang akan digarap. "Kami butuh instalasi air agar bisa terus mengairi sawah dari irigasi ini. Semoga GMP segera bisa mewujudkan ini," ungkapnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)