45 Tahun Menabung, Nenek Perajin Tikar Ini Naik Haji

Selasa, 25 Agustus 2015 - 09:29 WIB
45 Tahun Menabung, Nenek Perajin Tikar Ini Naik Haji
45 Tahun Menabung, Nenek Perajin Tikar Ini Naik Haji
A A A
LUBUK BASUNG - Bermodal uang tabungan selama puluhan tahun, Rosna Sultan Ibrahim (85), seorang perajin tikar pandan asal Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan mewujudkan impiannya menunaikan ibadah haji.

Rosna Sultan Ibrahim, warga belakang Pasar Lasi, Jorong Gobah Ateh, Kenagarian Lasi Mudo, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, merupakan calon jamaah haji tertua di Kabupaten Agam.

Sebagai perajin tikar anyaman, Rosna harus mengumpulkan hasil penjualan kerajinan tikarnya untuk bisa menunaikan ibadah haji.

Menurut Rosna, penghasilan dari usaha kerajinan yang ia lakoni memang tidak seberapa. Namun, ia tetap berusaha sekuat hati agar dapat menunaikan niat sucinya menjalankan rukun Islam kelima.

Rosna mengaku sudah 45 tahun hidup berhemat dan menabung, tepatnya sejak tahun 1970 silam. Baru tahun ini ia bisa melunasi ongkos naik haji dan berkesempatan menunaikan ibadah haji.

Awalnya, Rosna berniat menunaikan ibadah haji bersama sang suami. Namun, Tuhan berkehendak lain. Suaminya terlebih dahulu meninggal dunia.

Ditinggal suami, tidak membuat niat Rosna naik haji luntur. Dia pun terus berusaha bekerja siang dan malam mengayam tikar pandan untuk menghidupi dua orang anaknya yang masih kecil.

Walau hidup pas-pasan, Rosna tetap menyisihkan sebagian rezekinya. Mula-mula, Rosna menitipkan uangnya kepada tukang kredit di kampungnya. Uang yang terkumpul di tukang kredit itulah yang disetor ke bank untuk biaya naik haji.

45 Tahun Menabung, Nenek Perajin Tikar Ini Naik Haji


"Dulu saya menabung uang 10 ribu atau 5 ribu ke tukang kredit, kalau sudah terkumpul 100 atau hingga 300 ribu di tukang kredit itu baru saya antar ke bank, tapi kadang uang yang ditabung itu juga dipakai untuk keperluan lain yang mendesak, seperti keperluan cucu atau untuk tambah modal tikar. Uangnya saya kumpulkan lagi, saya tabung ke bank lagi. Sekarang hati sudah senang karena bisa berangkat haji tahun ini," papar Rosna.

Saat ini, Rosna telah siap berangkat ke Tanah Suci, Rabu (26/8/2015). Nenek ini terdaftar Kloter 5 Embarkasi Padang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0010 seconds (0.1#10.140)