Kisah Skandal Seks di Kastil Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Asal Usul Pria Hidung Belang

Kamis, 02 Maret 2023 - 14:05 WIB
loading...
Kisah Skandal Seks di Kastil Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Asal Usul Pria Hidung Belang
Skandal seks memalukan sekaligus menghebohkan pernah terjadi di lingkungan kastil kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda, J.P Coen di Batavia (Jakarta). Foto ilustrasi Kastil Batavia. Foto/commons wikimedia
A A A
SKANDAL seks memalukan sekaligus menghebohkan pernah terjadi di lingkungan kastil kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jan Pieterszoon (J.P) Coen di Batavia (Jakarta). Skandal dilakukan oleh Sara Specx, putri Jacques Specx, anggota Dewan Hindia Belanda yang juga sekaligus sahabat karib J.P Coen.

Gubernur Jenderal J.P Coen (1587-1629) saat itu marah besar. Meskipun Sara adalah putri sahabatnya, namun hukum harus tetap ditegakkan.



“Coen ingin hukum ditegakkan. Ia tidak ingin menjilat ludahnya sendiri,” demikian dikutip dari buku Bukan Tabu Nusantara (2018).

Sara Specx seorang gadis rupawan. Ibunya seorang perempuan Jepang yang menjadi gundik Jacques Specx. Karenanya Sara lahir di Jepang, dan lalu oleh orang tuanya dibawa ke Hindia Belanda.

Pada tahun 1627, Jacques menitipkan putrinya kepada J.P Coen, lantaran sebuah panggilan tugas kembali ke Belanda. Jacques percaya, J.P Coen, sahabatnya yang juga Gubernur Jenderal mampu mengasuh putrinya.

Coen tidak menolak amanah yang disampaikan Jacques. “Coen mengangguk sambil menatap anak perempuan itu (Sara Specx)”. Sara pun tinggal di kastil di mana Coen berada.



Sara Specx menjadi staatdochter atau putri negara. Oleh Coen, dia juga dipekerjakan sebagai salah satu pengiring Eva Ment, istrinya.

Di tengah kesibukannya Sara diam-diam menjalin hubungan asmara dengan Piter Jacobszoon Cortenhoeff, seorang vaandrig atau serdadu bawahan yang biasa menjaga kastil Batavia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)