Penampakan Parasit di Perut Ikan Sungai Batang Gadis yang Resahkan Nelayan

Kamis, 02 Maret 2023 - 03:37 WIB
loading...
Penampakan Parasit di Perut Ikan Sungai Batang Gadis yang Resahkan Nelayan
Penampakan parasit di perut ikan Sungai Batang. Foto: Husein/SINDOnews
A A A
MANDAILING NATAL - Para nelayan dan pencari ikan di Sungai Batang Gadis, Mandailing Natal, Sumatera Utara, resah oleh temuan binatang aneh pada perut ikan hasil tangkapan mereka.

Hingga kini, belum diketahui jenis binatang tersebut. Namun, sejak kemunculan binatang itu warga mulai enggan mengkonsumsi ikan sungai.

Thamrin, salah seorang nelayan mengatakan, binatang aneh berwarna putih itu masih hidup dan bergerak-gerak keluar dalam perut ikan yang sudah mati, hasil tangkapan nelayan di Sungai Batang Gadis.



"Bukan hanya satu ikan. Hampir semua ikan yang didapat nelayan, saat dibelah perutnya ditemukan binatang tersebut," katanya, kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Dilanjutkan dia, akibat temuan binatang itu warga enggan mengkonsumsi ikan sungai tangkapan nelayan. Alhasil, nelayan dan pencari ikan juga ikut berkurang karena tidak ada yang mau mengkonsumsi ikan sungai.

Sementara itu, Kabid Budidaya Ikan Dinas Perikanan dan Kelautan Mandailing Natal, Maswan Lubis mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan binatang yang ada di perut ikan tersebut.



"Tetapi diduga binatang berwarna putih itu adalah sejenis parasit yang menumpang hidup pada perut ikan," jelasnya.

Semakin besar ikan, maka semakin besar ukuran binatang tersebut. Namun, untuk memastikan jenis binatang itu, pihaknya akan melakukan uji laboratorium terlebih dahulu.

"Kemunculan binatang aneh dalam perut ikan di sungai ini baru pertama terjadi. Diduga, ini akibat pencemaran sungai yang sudah sangat memprihatinkan," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)