Asal Usul Nama dan Sejarah Hari Jadi Kabupaten Ngawi: Daerah Bambu

Rabu, 01 Maret 2023 - 18:49 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Hari Jadi Kabupaten Ngawi: Daerah Bambu
Ngawi merupakan salah satu wilayah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ngawi merupakan salah satu wilayah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur . Daerah ini terletak di ujung barat Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Ngawi berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah) dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) di bagian barat.

Ngawi memiliki luas wilayah 1.395,80 km2 yang terbagi menjadi 19 Kecamatan, 213 Desa dan 4 Kelurahan. Dari wilayah yang dimilikinya, terdapat asal usul sejarah yang menarik untuk diketahui.

Baca juga : Asal-usul dan Sejarah Keberadaan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah

Asal Usul Nama Ngawi

Dikutip dari laman pemerintahannya, Ngawi berasal dari kata “AWI” yang artinya bambu. Kemudian mendapat tambahan huruf sengau “Ng” menjadi “NGAWI”.

Sama seperti dengan daerah pada umumnya, daerah ini juga dikaitkan dengan nama tumbuh-tumbuhan. Ngawi menunjukkan suatu tempat yang berada di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang sebagian besar ditumbuhi oleh bambu.

Sejarah Hari Jadi Kabupaten Ngawi

Dalam riwayatnya, penelusuran hari jadi Ngawi dimulai dari tahun 1975 dengan dikeluarkannya SK Bupati KDH Tk. II Ngawi Nomor Sek. 13/7/Drh, tanggal 27 Oktober 1975 dan nomor Sek 13/3/Drh, tanggal 21 April 1976.

Dalam penelusuran tersebut banyak ditemui kesulitan-kesulitan terutama kepada para narasumber yang berkaitan dengan sejarah. Namun dalam penelusuran tersebut telah menemukan hasil tentang hari jadi Kabupaten Ngawi.

Pada tanggal 31 Agustus 1830, juga pernah ditetapkan sebagai Hari Jadi Ngawi melalui Surat Keputusan DPRD Kabupaten Dati II Ngawi tanggal 31 Maret 1978, Nomor Sek. 13/25/DPRD, yaitu berkaitan dengan ditetapkan Ngawi sebagai Order Regentschap oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Baca juga : Mengenal Asal usul dan Sejarah Nama Ponorogo Kota Reog yang Melegenda

Kemudian pada tanggal 30 September 1983, dengan adanya Keputusan DPRD Kabupaten Dati II Ngawi nomor 188.170/2/1983, ketetapan di atas diralat dengan alasan bahwa tanggal 31 Agustus 1830 sebagai Hari Jadi Ngawi dianggap kurang Nasionalis, pada tanggal dan bulan tersebut justru dianggap memperingati kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda.

Menyadari akan hal tersebut pada tanggal 13 Desember 1983 dengan Surat Keputusan Bupati KDH Tk. II Ngawi nomor 143 tahun 1983, dibentuklah Panitia/Tim Penelusuran dan penulisan Sejarah Ngawi yang diketuai oleh Drs. Bapak MUSTOFA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)