Sambangi Desa Kanekes, Belajar Kearifan Lokal Suku Baduy

Senin, 27 Februari 2023 - 19:33 WIB
loading...
Sambangi Desa Kanekes, Belajar Kearifan Lokal Suku Baduy
Relawan Srikandi Ganjar Banten bersama Keluarga Mahasiswa Cirinten (KMC) belajar menenun saat mendatangi Suku Baduy di Luar Kampung Cicampaka, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Senin (27/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Suku Baduy yang berada di Lebak , Banten dikenal kental dengan alam dan budayanya. Suku Baduy yang terbagi dua wilayah, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Melalui Saba Budaya Baduy, sukarelawan Srikandi Ganjar Banten bersama Keluarga Mahasiswa Cirinten (KMC) menjalin keakraban dan belajar kearifan lokal Suku Baduy Luar.

"Di sini kami mendalami keseharian mereka, budaya mereka, apa perbedaan Baduy Luar dengan Baduy Dalam itu yang membuat kita sangat tertarik," kata Sekretaris Wilayah Srikandi Ganjar Banten, Efi Nur Apriyanti di Kampung Cicampaka, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Senin (27/2/2023). Lihat video: Durian Baduy, Manis dan Menggugah Selera

Mereka memulai perjalanan dari Terminal Ciboleger dengan berjalan kaki. Para perempuan tangguh itu menyusuri jalan berliku, menanjak, dan menurun hingga tibalah di Kampung Cicampaka.

Di kampung itu, kurang lebih ada 20 sulah nyanda atau rumah adat suku Baduy. Para perempuan pendukung Ganjar itu menyapa warga Baduy luar, berdiskusi seluk-beluk Baduy, hingga belajar menenun kain menggunakan alat tradisional yang menjari suatu rutinitas kaum wanita Baduy.

Tak hanya itu, mereka turut mendorong perekonomian masyarakat sekitar dengan borong produk UMKM kearifan lokal baduy seperti syal rajut mini, tas koya, romal biru (ikat kepala khas baduy luar), dan lain-lain. Mereka kemudian mendapat informasi bagaimana cara penyimpanan padi di leuit (lumbung padi).

“Kemudian juga kami tadi sudah ngobrol-ngobrol sama Kang Mursid (warga) terkait dengan budaya Baduy itu sendiri," jelasnya.

Efi berharap para perempuan milenial dan mahasiswa yang ikut dalam agenda ini dapat mempromosikan kawasan budaya Baduy. Suku Baduy memiliki populasi kurang lebih 26.000 orang. Mayoritas dari mereka berprofesi sebagai petani, pedagang, dan pemandu wisata.

"Baduy ini sendiri memiliki keunikan yang sangat berpotensi untuk dipopulerkan. Jadi, kami di sini sekaligus juga memperkenalkan bahwa ada nih di Lebak wisata budaya Baduy," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)