Hujan Disertai Angin Kencang Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang, Jalan Batu-Kediri Sempat Tutup

Minggu, 26 Februari 2023 - 10:00 WIB
loading...
Hujan Disertai Angin Kencang Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang, Jalan Batu-Kediri Sempat Tutup
Proses pembersihan material longsor di Jalan Raya Batu - Kediri akibat hujan deras disertai angin kencang. Foto/BPBD Kota Batu
A A A
BATU - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Batu menyebabkan pohpn tumbang di Desa Tlekung, Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan/Kota Batu. Salah satu pohon menimpa kabel milik Telkom.

Sedangkan di Jalan Raya Payung 3 yang menghubungkan Kota Batu ke Kediri melalui Pujon, Kabupaten Malang, jalan raya sempat tertutup akibat longsoran tebing. Petugas mengerahkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor berupa tanah, batu dan dahan-dahan pepohonan.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu menjelaskan, dari laporan yang diterima petugas di lapangan longsor terjadi di Payung 3 Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, sekitar pukul 22.22 WIB. Longsor terjadi pada tebing dengan diameter tinggi sekitar 10 meter.

"Dimensi material longsor Panjang 8 meter, Tinggi 10 meter, dan Lebar 5 meter menutup sebagian jalan, hingga membuat arus lalu lintas terganggu," kata Agung Sedayu, dikonfirmasi Minggu pagi (26/2/2023).

Baca juga: Pengendara Wanita Tewas Terlindas Truk Skywalker Dishub Surabaya

Agung menambahkan, longsor terjadi karena intensitas hujan tinggi sejak Sabtu sore (25/2/2023) kemarin hingga menjelang Minggu tengah malam. Proses evakuasi berlangsung selama 2,5 jam karena kondisi jalan yang minim penerangan ditambah petugas harus menunggu hujan reda terlebih dahulu.

"Selesai penanganan jam 01.30 WIB, penanganan kejadian bencana tanah longsor telah selesai. Jalan telah bisa dilewati oleh pengguna jalan. Namun dimohon untuk warga tetap berhati-hati saat melintasi daerah rawan longsor," bebernya.

Sementara itu Pusdalops BPBD Kota Batu melaporkan pohon tumbang terjadi di dua wilayah, yakni di Jalan Metro, Kelurahan Sisir, dan dua pohon jenis ceri di Jalan Panglima Sudirman Desa Tlekung, Junrejo, atau di depan RS Baptis.

"Di Jalan Metro Kelurahan Sisir, pohon dengan diameter 40 sentimeter dan tinggi 10 meter tumbang, menutup arus lalu lintas, dan menimpa kabel milik Telkom," kata Pusdalops ketika dikonfirmasi.

Di Desa Tlekung, depan RS Baptis dua pohon berjenis Ceri dengan diameter 25 sentimeter dan tinggi 8 meter mbang dan menutup arus lalu lintas di Jalan Panglima Sudirman Depan RS Baptis, Desa Tlekung," tuturnya.

Petugas telah melakukan pemotongan dan pembersihan material pohon tumbang. Agung juga mengimbau agar pengguna jalan lebih waspada saat berkendara ketika angin kencang berhembus.

"Kepada pengguna jalan untuk lebih waspada saat berkendara pada cuaca berangin kencang," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)