10 Tewas dan 18 Terluka Gara-gara Hoaks di Wamena, Ini Pesan Kapolda Papua

Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:36 WIB
loading...
10 Tewas dan 18 Terluka Gara-gara Hoaks di Wamena, Ini Pesan Kapolda Papua
Kerusuhan di Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, mengakibatkan 10 orang tewas dan 18 terluka termasuk perwira Polri dan anggota TNI. Foto/iNews TV/Nathan Making
A A A
JAYAWIJAYA - Hoaks atau berita bohong, menjadi pemicu pecahnya kerusuhan di wilayah Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Sebanyak 10 orang tewas, dan 18 orang terluka dalam kerusuhan tersebut.



Korban luka-luka merupakan petugas gabungan yang berupaya meredam kerusuhan. Dari sebanyak 18 orang korban luka-luka tersebut, satu di antaranya merupakan perwira polisi dan satu prajurit TNI.



Aparat gabungan yang menjadi korban luka-luka dalam kerusuhan tersebut, rata-rata terkena anak panah dan lemparan batu. Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengatakan, situasi di Wamena sudah berangsur kondusif.



"Situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, telah berangsur kondusif. Pemkab Jayawijaya, terus berupaya merangkul para tokoh masyrakat dan agama, untuk membantu meredam situasi di Wamena," ujar Mathius.

Lebih lanjut, jenderal polisi bintang dua tersebut mengatakan Polda Papua, telah melakukan penambahan personel keamanan dengan mengirimkan satu kompi bantuan dari Satuan Brimob Polda Papua, ke Wamena, untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan susulan.

10 Tewas dan 18 Terluka Gara-gara Hoaks di Wamena, Ini Pesan Kapolda Papua


Mathius juga menegaskan, kerusuhan yang terjadi di Wamena, dipicu oleh berita bohong atau hoaks tentang penculikan anak. Persoalan berita bohong tersebut, sempat ditangani polisi dengan melakukan mediasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)