Helikopter Tak Bisa Mendarat, Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi dengan Hoisting

Selasa, 21 Februari 2023 - 11:44 WIB
loading...
Helikopter Tak Bisa Mendarat, Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi dengan Hoisting
Ilustrasi evakuasi hoisting. Foto: Istimewa/Dok TNI AU
A A A
MERANGIN - Evakuasi rombongan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono di hutan Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi, kerap menemui kendala cuaca buruk.

Yang menyulitkan, evakuasi hanya bisa dilakukan melalui jalur udara dengan helikopter. Ditambah, helikopter tidak bisa mendarat di tengah hujan tempat rombongan Kapolda kecelakaan.

Kepala Tim SAR TNI AU, Letkol Junaidi mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengevakuasi seluruh korban.



"Ya, kita ada tujuh personel. Kita akan melakukan evakuasi udara, tidak dengan mendaratkan pesawat. Namun cara hoisting," jelas Junaidi, Selasa (21/2/2023).

Terlihat proese evakuasi terus dilakukan tim gabungan, baik dari TNI, Polri, Tim SAR, hingga masyarakat. Terlihat tujuh personel TNI AU melakukan persiapan untuk evakuasi korban.



"Heli yang digunakan, yakni heli Super Puma milik TNI AU. Ya, kita sepaket dengan heli Super Puma. Saat ini kita sedang persiapan untuk menuju lokasi sasaran," pungkasnya.

Dilansir dari laman TNI AU, evakuasi hoisting adalah suatu manuver helikopter untuk mengambil personel atau barang atau dengan menggunakan peralatan hoist, tanpa harus mendaratkan pesawat dengan cara melaksanakan hover atau terbang tetap pada ketinggian 70 feet AGL.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)