Tewaskan 4 Orang dan Rusak 25 Rumah, Ledakan Dahsyat di Ponggok Blitar Ternyata Low Explosive

Senin, 20 Februari 2023 - 19:24 WIB
loading...
Tewaskan 4 Orang dan Rusak 25 Rumah, Ledakan Dahsyat di Ponggok Blitar Ternyata Low Explosive
Ledakan dahsyat di Ponggok Blitar yang menewaskan 4 orang dan merusak 25 rumah ternyata masih tergolong low explosive. Foto: Antara
A A A
BLITAR - Ledakan yang merusak 25 rumah dan menewaskan empat orang warga di lingkungan Sadeng Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar , Jawa Timur, ternyata masih bersifat low explosive.

Meski suara ledakan yang diduga dari bubuk petasan terdengar hingga radius 10 kilometer dan getarannya terasa hingga 100 meter lebih, polisi mengatakan ledakan yang terjadi bukan kategori high explosive. Kendati demikian, tetap tergolong sangat berbahaya.



“Berdasarkan informasi teman-teman tim Jibom, ini sifatnya low explosive,” ujar Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono kepada wartawan Senin (20/2/2023).

Ledakan dahsyat berlangsung Minggu tengah malam (19/2/2023) sekitar pukul 23.30 WIB. Sebanyak 25 rumah rusak dengan satu rumah di pusat ledakan, rata dengan tanah. Ledakan mengakibatkan empat orang tewas dengan bagian tubuh beberapa di antaranya tercerai berai.



Ledakan yang bersumber dari bubuk petasan itu juga melukai 11 orang warga lainnya. Argo mengatakan, hasil analisa sementara ledakan yang terjadi di Ponggok bersifat low explosive. Sebab jika high explosive dibutuhkan adanya detonator, yakni untuk meledak perlu ada tekanan dulu.

“Kalau high explosive harus menggunakan detonator,” ungkap Argo.

Kendati demikian, bahan peledak yang bersifat low exsplosive memiliki tingkat kerawanan lebih tinggi. Adanya gesekan, guncangan atau sedikit percikan api, sudah bisa terbakar atau menimbulkan ledakan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)