Bantu Ekonomi Keluarga, Emak-emak Diajari Bikin Kerajinan Bernilai Ekonomis

Sabtu, 18 Februari 2023 - 20:27 WIB
loading...
Bantu Ekonomi Keluarga, Emak-emak Diajari Bikin Kerajinan Bernilai Ekonomis
Mak Ganjar Sulsel berkolaborasi bersama Pathe Zwets mengggelar Workshop Handcraft Photograph Mini Art di Warkop Bamboe Batas Kopi, Marumpa, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sabtu (18/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAROS - Mak Ganjar Sulsel berkolaborasi bersama Pathe Zwets memberdayakan perempuan untuk meningkatkan perekonomian. Emak-emak diajari mengubah barang bekas menjadi bernilai ekonomis.

Pelatihan ini dibalut dalam Workshop Handcraft Photograph Mini Art di Warkop Bamboe Batas Kopi, Marumpa, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sabtu (18/2/2023). Para peserta dari berbagai daerah seperti Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Takalar.

Korwil Mak Ganjar Sulsel, Siti Fatimah mengatakan, workshop ini untuk mendorong kemandirian ibu-ibu agar memicu peluang usaha melalui kegiatan kreatif. "Lalu juga menciptakan lapangan pekerjaan baru serta pertumbuhan ekonomi," katanya di lokasi.

Wanita yang akrab disapa Ifat ini berharap, emak-emak dapat menghasilkan income dengan kreativitas dan skill yang didapat. Tujuannya meningkatkan perekonomian rumah tangga demi memenuhi kebutuhan harian. "Semoga bisa kontinyu dan bisa diimplementasikan untuk usaha baru bagi ibu-ibu," ujarnya.

Workshop dimentori Fatmawati, ]owner Pathe Zwetse dan perajin handcraft. Para peserta yang didominasi ibu-ibu diajari memanfaatkan barang bekas pakai mudah didapat seperti stik es krim, kardus, lem tembak, plastik mika, kertas buket dan lampu tumbler. Bahan-bahan bekas tersebut disulap menjadi bingkai foto.

Najma (63), peserta dari Maros merasa pelatihan ini bisa membawa dampak positif. "Bisa menambah pengetahuan ibu-ibu. Bisa membuat kerajinan untuk dijual demi menambah pendapatan untuk dapur," kata Najma.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)