Sungai Bawah Tanah Banjir, Layanan PDAM Gunungkidul di 8 Kapanewon Sempat Lumpuh

Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:26 WIB
loading...
Sungai Bawah Tanah Banjir, Layanan PDAM Gunungkidul di 8 Kapanewon Sempat Lumpuh
Akibat hujan deras kemarin, sungai bawah tanah banjir bahkan sampai memenuhi mulut gua yang berbentuk semi vertikal. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras melanda kawasan Gunungkidul sejak empat hari terakhir. Akibatnya, layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtohandayani Gunungkidul terganggu.

Direktur Umum PDAM Tirta Handayani Gunungkidul, Sulistyo Ariwibowo mengatakan, akibat hujan deras yang berlangsung lama dalam beberapa hari terakhir memang membuat debit air sungai bawah tanah di Gunungkidul melonjak, bahkan ada yang banjir. Hal ini menyebabkan air menjadi keruh. "Karena banjir kan airnya jadi keruh,'kata dia.

Seperti yang terjadi di Gua Seropan, di mana ada beberapa mesin pompa milik PDAM yang ditanam di dalam gua tersebut untuk mengangkat air sungai bawah tanah yang mengalir.

Akibat hujan deras kemarin, sungai bawah tanah banjir bahkan sampai memenuhi mulut gua yang berbentuk semi vertikal. Tak hanya itu, ada satu mesin pompa yang mereka tanam di gua Seropan yang rusak karena dihantam sampah yang terbawa banjir.

Secara otomatis karena kondisi tersebut maka pelayanan pelayanan PDAM Tirtahandayani Cabang Baron dan Cabang Seropan lumpuh. Sejumlah kantor layanan memilih menutup atau menghentikan pasokan air ke warga. "Kemarin sempat lumpuh total layanannya," terang dia.

Kondisi yang sama juga terjadi di Gua Bribin di mana air meluap sampai ke atas mulut gua. Akibatnya pasokan air bersih di seputaran gua tersebut juga sempat berhenti dan bahkan dihentikan sementara karena kondisi airnya yang keruh.

Sulis menyebut karena intensitas hujan beberapa: hari ini tinggi mengakibatkan kondisi tingkat kekeruhan dibeberapa Sumber Air Baku di atas batas standar operasional pelayanan.

Dan demi kenyamanan, pelayanan suplai air kepada pelanggan kembali mereka hentikan sampai kondisi normal kembali. "Tetapi kami berupaya keras untuk memulihkannya. Dan sudah mulai normal," kata dia.

Baca: Siapkan Layanan Plus-plus, Ibu Pemilik Warung Makan di Blitar Ditangkap.

Wilayah terdampak di antaranya adalah seluruh pelayanan PDAM Cabang Baron meliputi Kapanewon Tanjungsari, Paliyan, Saptosari, Panggang.
Kemudian Pelayanan PDAM Cabang Seropan di antaranya Kapanewon Karangmojo, Ponjong, Semanu Semin, Wonosari Bagian Timur yaitu Baleharjo dan Selang.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)