Gandeng Triasmitra, FiberStar Lakukan Pengembangan Jaringan Lewat Pembangun SKKL Rising-8

Kamis, 16 Februari 2023 - 11:49 WIB
loading...
Gandeng Triasmitra, FiberStar Lakukan Pengembangan Jaringan Lewat Pembangun SKKL Rising-8
FiberStar dan Triasmitra Group sepakat Lakukan Pengembangan Jaringan Lewat Pembangun SKKL Rising-8. (Ist)
A A A
BATAM - Pengguna internet di Indonesia terus bertumbuh hingga mencapai 77 persen dari total penduduk Indonesia pada tahun 2022. Adanya pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 turut menjadi pendorong pertumbuhan akses internet di Indonesia.

Sepanjang masa pandemi masyarakat banyak menggunakan video conference, e-learning, video streaming, transaksi melalui e-commerce dan penggunaan aplikasi online lainnya, sehingga saat ini hal tersebut telah menjadi bagian penting dari kebutuhan masyarakat.

Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan daya saing dengan negara-negara lainnya, salah satunya adalah melalui industri telekomunikasi beserta infrastruktur pendukungnya.

Tepat pada hari Kamis 16 Februari 2023 di Cyber 2 Tower berlangsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sugiharto Darmakusuma, selaku President Director PT. Mega Akses Persada (FiberStar) dengan Dani Samsul Ependi, selaku Direktur Utama PT. Jejaring Mitra Persada (Triasmitra Group).

Kedua pihak sepakat untuk membangun SKKL Rising-8 yang merupakan jaringan fiber optik dan juga menghubungkan antara Jakarta dan Singapura melalui Batam sebagai Landing Point yang memiliki posisi strategis.

Pembangunan SKKL internasional ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan PT Mega Akses Persada (FiberStar) dalam penyediaan jaringan telekomunikasi internasional.

"FiberStar ikut serta dalam program SKKL Rising-8 dengan tujuan kami ingin memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk seluruh pelanggan kami. SKKL Rising-8 ini membawa teknologi terbaru sehingga dapat membantu memberikan kapasitas yang lebih besar, jaringan lebih stabil dan keamanan juga semakin baik. Kepuasan dan kenyamanan pelanggan merupakan tujuan utama kami," ujar Sugiharto Darmakusuma selaku CEO PT. Mega Akses Persada (FiberStar).

Sementara itu, Dani Samsul Ependi selaku Direktur Utama PT Jejaring Mitra Persada, menyatakan, Rising-8 dibangun untuk turut serta mendukung proses transformasi digital di Indonesia.

"Kami berharap dengan adanya SKKL Rising-8 kebutuhan telekomunikasi dari Indonesia ke luar negeri semakin baik dan mudah. Tidak lupa kami menyampaikan selamat kepada PT Mega Akses Persada (FiberStar), semoga kepuasan dan kenyamanan pelanggan FiberStar semakin meningkat," ujar Dani.

RISING-8 merupakan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut yang menghubungkan Jakarta ke Singapura. Jaringan SKKL ini menggunakan teknologi Repeatered Cable System dengan kapasitas 25 Tbps per Fiber Pair dan akan digelar sepanjang 1,133 Km.

Atas kesepakatan FiberStar dan Jejaring Mitra Persada jadwal pelaksanaan pembangunan SKKL Rising-8 ini akan dimulai pada Februari 2024 dan target selesai pada Juni 2024 mendatang, dengan harapan pembangunan akan berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)